Selamat Datang

Saya mengucapkan terima kasih atas kunjungan Anda di Dasar-dasar Ilmu Lingkungan. Saya ingin berbagi informasi tentang materi-materi perkuliahan dan pengetahuan. Harapan saya, semoga kita bisa tetap bersama, berkomunikasi dan berbagi pengalaman tentang ilmu lingkungan. Saya sangat menghargai waktu yang Anda telah gunakan untuk membuka situs ini dan menjelajah pada layanan yang tersedia. Semoga Anda mendapatkan apa yang Anda ingin ketahui, dan apabila Anda belum menemukannya silahkan memberikan masukan guna penyempurnaan situs ini. Terima kasih.

Tuesday, May 20, 2014

Pencemaran Perairan

Perairan adalah tempat hidup berbagai biota akuatik. Kita mengambil ikan dan jenis biota akuatik lainnya untuk memenuhi kebutuhan hidup (konsumsi dan/atau dijual). Kehidupan biota akuatik sangat bergantung pada daya dukung lingkungan perairan. Kualitas perairan sangat menentukan kesehatan biota akuatik yang ada di dalamnya. Sumber pencemaran air diantaranya adalah buangan limbah berbagai jenis industri tanpa didahului dengan pengolahan limbah, pemakaian pupuk yang berlebihan di wilayah daratan, dan pembuangan sampah utamanya sampah organik dan sampah B3 secara langsung ke wilayah perairan atau daerah aliran air (selokan). 

Mekanisme pencemaran air adalah poluta/bahan yang dibuang baik secara langsung maupun tidak langsung ke wilayah perairan menimbulkan penambahan jumlah dan jenis bahan-bahan di wilayah perairan sedemikian sehingga aktivitas hidup biota akuatik mengalami gangguan. Pendugaan kondisi perairan dengan kriteria tercemar, tercemar sedang dan belum tercemar diawali dengan pengambilan sampel air yang selanjutnya diikuti dengan analisa kualitas air. Parameter kualitas air untuk menduga pencemaran diperairan diantaranya BOD, COD, pH, TSS, TDS, mikrobiologi, dan bahan beracun berbahaya. Ketika kita mendapati suatu wilaya perairan memiliki nilai hasil analisa paramater air melebihi dari baku mutu yang disyaratkan (khususnya BOD, COD, B3) maka kita dapat mengkatagorikan bahwa perairan tersebut telah mengalami pencemaran. 

Sebagai contoh, BOD yang tinggi mengindikasikan adanya penumpukan bahan organik. Secara alami, bahan organik diuraikan menjadi bahan anorganik oleh dekomposer/pengurai. Berkaitan dengan oksigen terlarut yang tersedia di wilayah perairan, proses dekomposisi dan respirasi biota memerlukan oksigen terlarut. Apabila wilayah perairan memiliki kandungan oksigen terlarut rendah, maka akan terjadi kompetisi penggunaan oksigen. Kondisi ini sangat memungkinkan penguraian bahan organik tidak berlangsung secara aerob apabila ketersediaan oksigen terlarut sangat minim. Proses dekomposisi dengan kondisi seperti ini sangat memungkinkan menghasilkan senyawa yang dikenal dengan nama amoniak. keberadaan amoniak dapat teridentifikasi dengan bau khas yang tercium manakala kita berada di dekatnya. Ketika kita mencium baunya, maka dapat dipastikan kita akan menjauh karena kita merasa terganggu dengan bau tersebut. Namun bagaimana halnya dengan ikan dan biota akuatik yang tidak dapat menghindari keberadaan amoniak di dalam air. 

Amoniak yang ada di dalam air, memiliki peluang untuk masuk ke tubuh ikan melalui insang dan potensial bergabung dengan hemoglobin darah sehingga oksigen dalam tubuh ikan turun dari kadar normal. Oksigen dalam tubuh ikan, sebagaimana juga dalam tubuh manusia dan makhluk hidup lainnya dibutuhkan untuk aktivitas metabolisme. Dapat dibayangkan apabila oksigen tidak tersedia cukup dalamtubuh ikan, maka sudah dapat dipastikan bahwa metabolisme tidak berlangsung dengan baik. Mekanisme inilah yang sering dikatakan sebagai bentuk ikan yang keracunan amoniak. Tentunya masih banyak contoh mekanisme pencemaran lingkungan dan dampaknya bagi biotaakuatik yang bisa kita peroleh dari berbagai sumber bacaan. oleh karena itu, setiap aktivitas apapun seyogyanya diusahakan memberikan dampak negatif minimal berupa pencemaran perairan, melaluipengolahan limbah dan prinsip produksi bersih. Satu hal yang perlu kita ingat adalah semua aktivitas pembangunan berpeluang akan memberikan dampaknegatif  langsung maupun tidak langsung pada lingkungan. - See more at: http://lochanaeducation.weebly.com/dasar-dasar-ilmu-lingkungan.html#sthash.Op1Muw55.dpuf

41 comments:

  1. Nama : Ongkhi Menoh
    Prod i : TIH 2

    menurut saya pencemaran air sangat berdampak buruk bagi semua makluk hidup terutama bagi makluk hidup yang berada di perairan,karna kurangnya kesadaran manusia yang selalu berbuat semena-mena dengan membuang sampah sembarangan tanpa berpikir akan berdampak buruk terhadap lingkungan dimana manusia tinggal,hal ini mengakibatkan makluk hidup yang berada di air kekurangan oksigen dan akan membuat ekosistem di air akan punah,hal ini juga berdampak bagi manusia yaitu kurangnya ketersediaan air bersih karna bakteri berkembangbiak di dalam jika air yang tercemar di minum oleh manusia akan membuat manusia menderita berbagai macam penyakit.
    seperti kata pepatah jangan hancurkan mata air atau akan mengakibatkan banjir air mata

    ReplyDelete
  2. NAMA: FLORIDA WEKO SENA
    NIM : 132389008
    PRODI: TIH 2
    Pencemaran Air
    setelah membaca artikel yang ada, sy merasa prihatin dengan tindakan manusia yang terlalu egois akan kehidupan. manusia menganggap dirinya makhluk yang paling tinngi dan sempurna, serta mempunyai hati nurani dan akal budi yang baik, sehingga manusia semena-mena akan lingkungan hidup terutama lingkungan perairan. pencemaran lingkungan perairan sangat fatal jika tidak diperhatikan dengan baik. karena air merupakan unsur yang paling penting dalam kehidupan makhluk hidup, jadi sangat diperlukan kepedulian dari manusia sebagai pelaku utama dalam kehidupan untuk menjaga dan memelihara perairan. manusia harus tahu bahwa barang siapa yang menanam dialah yang menuai, dan manusia yang menciptakan pencemaran dengan membuang sampah sembarangan dia juga yang menikmatinya kembali, yaitu dengan mengkonsumsi kembali air, yang sebenarnya tidak wajar untuk dikonsumsi karena dapat berakibat fatal untuk kesehatan.

    ReplyDelete
  3. NAMA: FRINTO A. S. SOPABA
    NIM: 132389011
    setelah saya membaca artikel ini, saya berpikir bahwa perlu ditambahkan beberapa hal penting mengenai tindakan-tindakan sederhana yang mungkin bisa dilakukan oleh masing-masing pribadi, ataupun masyarakat luas. Agar bisa mengurangi pencemaran air.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. NAMA : TARSISIUS RUNDUNG
    PRODI : TIH / II
    NIM : 132389031

    Trimakasih, dari artikel ini menurut saya perlu kita koreksi perindividu agar sedikit mengurangi pencemaran di daerah perairan karena dengan kita membuang limbah di daerah perairan maka kehidupan biota dalam air akan terancam hidupnya.
    Maka sedikit masukan saya agar, pendauran ulang limbah-limbah tetap di pertahankan dan di kembangkan terus untuk mengurangi pencemaran di daerah perairan.

    ReplyDelete
  6. Nama: Yakobus Nahak
    NIM : 132389037
    Prodi : T I H/ II

    Dari artikel yang saya baca.saya berpikir bahwa manusia di bumi ini hidupnya hanya untuk merusak lingkungan,terutama pencemaran perairan.akibat dari pencemaran perairan ini semuanya karena ulah manusia,karena membuang sampah sembarangan,dan pembuangan limbah di mana-mana.akibat dari semua ini manusia sendiri yang menanggung akibatnya........Dan saran saya bagi kita membaca artikel bahwa kita harus menjaga linkungan ,,dan jangan membuang smapah sembarangan..dan bunglah pada tempatnya.....

    ReplyDelete
  7. Nama ;Rosita KewaDuan
    prodi ; tih/2
    Nim 132389026
    Pencemaran peraiaran sangat berdampak bagi makluk hidup yang ada di perairan.
    manusia selalu berbuat semaunya tanpa memikirkan makluk lain yang,itulah keegooisan kita,
    para nelayan atau pencinta memancing,,tidak mnyadari kelakuan mereka yang memancing dengan bom ikan,,,ini membuat ikan akan jadi punah,,bahkan bnyak jenis ikan yang mati.
    jadi saran saya untuk kita semua cintailah makluk lain karena merekasemua juga ciptaan tuhan,terima kasih.

    ReplyDelete
  8. NAMA : HILARIUS A. MANDANG
    NIM : 132383017
    PRODI TPH/ 2
    Kalau menurut saya dampak pencemaran lingkungan itu di sebabkan oleh ulanya manusia, karna manusia tidak menyadari bahwa dampak pencemaran lingkungan sangat berbahaya bagi kesehatan. sekian dan terimakasi

    ReplyDelete
  9. Nama :garsianus tonce
    Nim :132389012
    Prodi:TIH/II

    Setelah saya membaca blok di atas , saya berpikir bahwa perlu ada kesadaran dari masing-masing peribadi untuk meminimalisir terjadinya pencemaran air,dan juga perlu penegasan dari pemerintah berupa aturan -aturan supaya masyarakat menyadari akan kegunaan air yg bebas dari penyakit,,,

    ReplyDelete
  10. NAMA : THOMAS MORE RAJA
    NIM :132383036
    PRODI : TPH /2
    menurut saya dampak pencemaran air di sebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor lingkungan dan faktor alam. faktor lingkungan di sebabkan oleh ulah manusia yang serakah akan penggunaan sumber air yang tidak sesuai kebutuhannya dan membuat polusi pencecemaran air.dan faktor alam di sebabkan oleh gejala alam yang tidak menentukan contohnya,meletusnya gunung berapi.

    ReplyDelete
  11. NAMA : THOMAS MORE RAJA
    NIM :132383036
    PRODI : TPH /2
    menurut saya dampak pencemaran air di sebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor lingkungan dan faktor alam. faktor lingkungan di sebabkan oleh ulah manusia yang serakah akan penggunaan sumber air yang tidak sesuai kebutuhannya dan membuat polusi pencecemaran air.dan faktor alam di sebabkan oleh gejala alam yang tidak menentukan contohnya,meletusnya gunung berapi.

    ReplyDelete
  12. NAMA :MATIAS SARMENTO MAGNO
    NIM :132383023
    PRODI :TPH/II
    menurut saya pencemaran udara merupakan salah satu dampak yang berbahaya .
    contohnya pemanasan global,untuk mengendalikannya kita harus kurangi kendaraan yang mengeluarkan asap yang mempengaruhi lingkungan.
    mungkin ini yang bisa saya sampaekan pada kesempatan ini.
    sekian dan terima kasih

    ReplyDelete
  13. NAMA : DIONISIUS TEJA
    NIM : 132383009
    PRODI : T P H



    Menurut saya pencemaran laut kebumen itu bukan karna ada unsur sengaja dari pihak pabrik dalam hal ini pembocoran minyak mentah, menurunya pendapatan para nelayan di akibatkan oleh pencemaran air laut semua satwa yang menghuni lautan tersebut pindah dan kemungkinan besar akan mati jika masi menghuni, para nelayan akan melarat karna laut sebagai sumber pemasukan mereka akan hilang, cara untuk mengatasi kemelaratan ini membutuhkan kerja sama dari pihak nelayan dan dari pihak industri untuk menemukan jalan keluar bagaimana cara untuk mengatasi kemelaratan para nelayan tsb , dengan cara melaporkan masalah ini ke pihak pemerintahan ,salah satunya yaitu mengarahkan para nelayan dengan cara melakukan penyuluhan ,yaitu nelayan di minta untuk pindah tempat sumber penghasilan mereka dari nelayan menjadi petani ,mungkin itu sala satu cara untuk mengatasi.

    ReplyDelete
  14. NAMA : WILFRIDUS LAU
    NIM :132338038
    PRODI :TPH


    Menurut saya erosi merupakan salah satu pengikisan tanah oleh air hujan yang terjadi akibat penggundulan hutan yang tidak sesuai.penangananya dengan cara reboisas hutan.

    ReplyDelete
  15. Nama : Lucas De Sena
    Nim : 132389016
    Prodi : TIH/II


    Lingkungan Hidup di Indonesia telah di atur dalam Undang-Undang No 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup. Berdasarkan ketentuan Pasal 1 poin 1 Undang-Undang No 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup, dinyatakan bahwa lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain. Definisi Pengelolaan lingkungan hidup menurut Undang-Undang No 23 Tahun 1997 Pasal 1 angka 2 adalah upaya terpadu untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup yang meliputi kebijaksanaan penataan, pemanfaatan, pengembangan, pemeliharaan, pemulihan, pengawasan, dan pengendalian lingkungan hidup. Undang-Undang No 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup ini berasaskan asas tanggung jawab negara, asas brkelanjutan dan asas manfaat (Pasal 3).
    Pada bagian ini penulis lebih menyoroti Pemerintah sebagai sektor publik yang memberikan pelayanan bagi masyarakat menunjukkan adanya institusi yang bertanggung jawab atas pengawasan pelaksanaan pengelolaan limbah. Keberhasilan pelaksanaan pengelolaan limbah tidak terlepas dari teknik operasional yang dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat. Teknik operasional pengelolaan limbah perkotaan merupakan upaya dalam mengontrol pengolahan limbah rumah tangga dan industri . Adapun pengelolaan limbah mempunyai tujuan yang sangat mendasar, yaitu meningkatkan kesejahteraan lingkungan dan masyarakat, melindungi sumber daya alam (air), melindungi fasilitas sosial ekonomi dan menunjang pembangunan sektor strategis. Sistem pengelolaan limbah memiliki 5 komponen subsistem yang saling terkait meliputi aspek teknik operasional, kelembagaan, pembiayaan, peraturan dan peran serta masyarakat. Organisasi pengelolaan limbah merupakan faktor penting dalam meningkatkan daya guna dan hasil guna mempunyai peran menggerakkan, mengaktifkan dan mengarahkan sistem pengelolaan limbah dengan ruang lingkup institusi, pola organisasi, personalia serta manajemen. Organisasi yang dibutuhkan dalam pengelolaan limbah sangat tergantung dari kompleksitas dan diisi oleh sejumlah personel yang memiliki kualifikasi yang memadai dengan jumlah yang sesuai kebutuhan. Dalam pengelolaan limbah, sangat dibutuhkan kemampuan manajemen dan teknik. Di negara kita, sebagaimana dijelaskan dalam Draft Akademis RUU Pengelolaan Limbah (JICA:33), komponen -komponen yang berinteraksi dalam pengelolaan limbah yaitu, (1) masyarakat, (2) pemerintah dan (3) pelaku usaha, meliputi kewenangan kelembagaan alam pengelolaan limbah.
    Negara Indonesia adalah negara hukum, setiap sendi kehidupan bertumpu pada hukum, demikian pula dalam pengelolaan limbah. Peraturan pengelolaan limbah meliputi wewenang dan tanggung jawab dengan jelas, agar tidak terjadi tumpang tindih kepentingan. Marilah kita merawat dan memelihara bumi kita agar tidak terjadi pencemaran yang berujung pada kehancuran dan ciptakanlah peraturan yang saling mendukung dan menguatkan untuk mencapai tujuan baik.

    ReplyDelete
  16. Menurut saya pencemaran air dapat membawa dampak negatif bagi kehidupan didalam air terutama bagi kehidupan bioma yang ada karena pencemaran air mengandung zat-zat yang beracun. disamping itu terumbu karang yang menjadi rumah atau habitat bagi bioma pun akan hancur sehingga akan menyulitkan bagi bioma atau makluh hidup yang hidup dalam air kehilangan tempat tinggal. pencemaran air juga dapat membawa dampak bagi kehidupan manusia sendiri dimana manusia yang ada disekitar perairan akan menjadi sulit mendapatkan air bersih.

    dari artikel yang saya bawa diatas saya dapat menyimpulkan bahwa manusialah yang menjadi perusak alam baik dilingkungan sekitar perairan maupun dilingkungan yang lain.

    ReplyDelete
  17. Negara Indonesia merupaka negara hukum, setiap nadi kehidupan bertumpu pada hukum, demikian pula dalam pengelolaan limbah. Peraturan pengelolaan limbah meliputi wewenang dan tanggung jawab dengan jelas, agar tidak terjadi tumpang tindih kepentingan. Marilah kita merawat dan memelihara bumi kita agar tidak terjadi pencemaran yang berujung pada kehancuran dan ciptakanlah peraturan yang saling mendukung dan menguatkan untuk mencapai tujuan baik. pada kesempatan ini saya mendisposisikan pemerintah yang mempunyai pengaruh terhadap publik mampu mengkordinir semua pihak dalam menghadapi pencemaran yang terjadi di bumi Flobamora tercinta...

    nama : martina juti
    nim : 132389019
    prodi : TIH/II A

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. menrut saya pencemaran air sangat berdampak burk bagi lingkungan dan kesehatan karena kita maklhuk hidup sangat bergantung pada perairan,jika perairan tercemar maka kita tidak sehat dan juga pemerintah harus menegaskan agar masyrakat tidak mmbuang sampah di daerah perairan.
    dan juga masyrakat harus sadar. . .

    Nama : marleny puspita bole
    nim : 132389017
    priodi : Tih 2

    ReplyDelete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. NAMA;YOSEPH.M .B. KABELEN
    NIM;132389038
    PORDI; TIH/II
    MENurut saya pemerintah kita kurang jelih meraka cuma memperhatikan diri sja . saya sangat kecewa dengan sisti yang ada di negara kita.... dan kiat sebagai manusia jaga hurus menjaga lingkungan kita.

    ReplyDelete
  22. Nama : Mariana M. Halla
    Nim : 132389018
    Prodi : TIH/2A

    Dari artikel diatas,pencemaran didaerah perairan sangat berpengaruh terhadap lingkungan.karena air merupakan salah satu kebutuhan yang kita pakai dalam kehidupan kita sehari-hari.pencemaran air diakibatkan oleh ulah manusia dengan membuang sampah atau limbah ke daerah perairan.padahal kita tahu limbah tersebut dapat membawa penyakit dan dapat merusak tempat tinggal bagi makhluk hidup yang hidup di air.limbah yang sangat berbahaya bagi makhliuk hidup adalah limbah B3.oleh karena itu kita sebagai manusia harus menyadari dan bertanggung jawab atas perbuatan yang telah kita lakukan dengan cara menjaga dan merawat lingkungan daerah perairan disekitar kita dengan tidak membuang sampah kedaerah perairan.

    ReplyDelete
  23. Nama : Erniana Nopala
    Nim : 132389006
    Prodi : TIH

    dari artikel yang saya baca,dampak pencemaran air diakibatkan oleh manusia karena manusia sering membuang sampah atau limbah ke daerah peraiaran sehingga mengakibatkan pencemaran air . Pencenaran air sangat berbahaya pada kesehatan.

    ReplyDelete
  24. Nama:Yulita Roman
    Nim :132389039
    Prodi :TIH

    Menurut saya,pencemaran air merupakan dampak yang sangat berbahaya bagi lingkungan terutama pada makluk hidup yang ada di perairan.Pencemaran air juga sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.Oleh karena itu,kembali kepada diri kita masing-masing untuk menjaga dan merawat kembali perairan yang ada di sekitar kita.

    ReplyDelete
  25. Nama : Fransiskus la'a
    Nim : 132389009
    Prodi : TIH 2


    Setelah saya baca artikel di atas dapat saya simpulkan bahwa faktor utama PENCEMARAN PERAIRAN di sebabkan oleh aktivitas manusia karena kurangnya pengetahuan dan rendahnya rasa peduli terhadap lingkungan sehingga pencemaran perairan terus berkelanjutan.
    Ada juga faktor lain seperti kurangnya perhatian pemerintah terhadap lingkungan dalam hal memfasilitasi sarana dan prasarana untuk mencegah pencemaran perairan.

    ReplyDelete
  26. nama : fredrikus hamba kawarang
    nim : 132389010
    prodi : TIH


    mnurut saya,pencemaran perairan ini sangat prihatin bagi kehidupan kita karena air merupakan sumber kehidupan kita, maka dari situlah kita harus menjaga agar hal tersebut untuk tidak terjadi,

    ReplyDelete
  27. nama: siprianus kiik
    nim : 132389030
    prodi : tih

    dari artikel yang saya baca, sangat mengesankan bagi saya, karena pencemaran air sangat bermasalah bagi manusia, tanpa manusia sadari bahwa air merupakan kehidupan bagi manusia. manusia tidak bi9sa hidup tanpa air.....

    ReplyDelete
  28. Nama: Yohanes sawa
    Nim: 142389047
    Prodi: Tih

    Dari artikel yang saya baca,sangat mengesankan bagi saya, karena perbuatan dan tingkahlaku yang telah di buat, manusia tidak menyadar akan perbuatan yang di lakukan. oleh sebab itu lingkugan banyak yang rusak karena ulah manusia,,seperti banjir.
    Dari artikel saya baca saya ingin bertanya kepada ibu,,bagaimanakah cara proses terjadi pencemaran lingkungan?

    ReplyDelete
  29. NAMA : SELESTE DELIMA
    NIM : 142389037
    PRODI : TIH
    SEMESTER: 2
    PENCEMARAN AIR
    Selamat siang ibu,terimakasih atas pengetahuan yang telah di bagikan kepada kami tentang pencemaran lingkungan, dari materi itu yang terkesan bagi saya adalah tentang pencemaran air. pada umunya pencemaran air dapat terjadi karena kurangnya kepedulian manusia terhadap lingkungan. hal ini terjadi menurut saya karena jumlah penduduk yang padat,jumlah kebutuhan manusia yang tiada batas,juga kurangnya kepedulian manusia terhadap lingkungan oleh karena itu saya menghimbaukan kepada teman - teman semua agar milikilah rasa cinta pada alam karena alam adalah sumber kehidupan.saya juga mau bertanya kepada ibu, bagimana caranya untuk menyadarkan manusia agar manusia memiliki rasa kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan kehidupannya?

    ReplyDelete
  30. NAMA : HENDRIKUS KOSTIN ASSAN
    NIM : 142389017
    PRODI/JURUSAN : TIH/2

    Di dalam tata kehidupan manusia, air banyak memegang peranan penting antara lain untuk minum, memasak, mencuci dan mandi. Di samping itu air juga banyak diperlukan untuk mengairi sawah, ladang, industri, dan masih banyak lagi.
    Tindakan manusia dalam pemenuhan kegiatan sehari-hari, secara tidak sengaja telah menambahjumlah bahan anorganik pada perairan dan mencemari air. Misalnya, pembuangan detergen ke perairan dapat berakibat buruk terhadap organisme yang ada di perairan. Pemupukan tanah persawahan atau ladang dengan pupuk buatan, kemudian masuk ke perairan akan menyebabkan pertumbuhan tumbuhan air yang tidak terkendali yang disebut eutrofikasi atau blooming. Beberapa jenis tumbuhan seperti alga, paku air, dan eceng gondok akan tumbuh subur dan menutupi permukaan perairan sehingga cahaya matahari tidak menembus sampai dasar perairan. Akibatnya, tumbuhan yang ada di bawah permukaan tidak dapat berfotosintesis sehingga kadar oksigen yang terlarut di dalam air menjadi berkurang.

    ReplyDelete

  31. Nama : Bonyfilio T oematan
    Nim : 142389008
    Prodi : TIH 2
    Dari artikel di atas yang saya baca, Banyak hal yang bisa kita lakukan sebagai cara penanggulangan pencemaran air antara lain:
    1. Sadar akan kelangsungan ketersediaan air dengan tidak merusak atau mengeksploitasi sumber mata air agar tidak tercemar.
    2. Tidak membuang sampah ke sungai.
    3. Mengurangi intensitas limbah rumah tangga.
    4. Melakukan penyaringan limbah pabrik sehingga limbah yang nantinya bersatu dengan air sungai bukanlah limbah jahat perusak ekosistem.
    5. Pembuatan sanitasi yang benar dan bersih agar sumber-sumber air bersih lainnya tidak tercemar.
    Cara penanggulangan pencemaran air lainnya adalah melakukan penanaman pohon. Pohon selain bisa mencegah longsor, diakui mampu menyerap air dalam jumlah banyak. Itu sebabnya banyak bencana banjir akibat penebangan pohon secara massal. Padahal, pohon merupakan penyerap air paling efektif dan handal.
    Bahkan, daerah resapan air pun dijadikan pemukiman dan pusat wisata. Pohon sesungguhnya bisa menjadi sumber air sebab dengan banyaknya pohon, semakin banyak pula sumber-sumber air potensial di bawahnya.
    saya harap kita sekalian bias melakukan ini.
    Terimah kasih

    ReplyDelete
  32. NAMA :MARIA TUTO DUAN
    NIM :142389028
    PRODI :TIH/2

    Setelah saya membaca materi di atas sangat mengesankan bagi saya,tapi saya sangat sedih karena adanya pencemaran air yang menyebabkan makluk hidup yang ada di dalam air mati dan semakin lama makluk hidup akan punah ,bukan saja hewan yang ada di air tapi manusia juga bisa keracunaan karena pencemaran air, manusia tidak bisa hidup tanpa air karena air sangat penting bagi kehidupan manusia .Manusia saat ini tidak menjaga dan melindungi air padahal manusia memiliki akal pikiran yang bermoral.manusia saat ini membuang sampah pada aliran air yang di gunakan sehari-hari.bagaimana caranya sehingga manusia dapat sadar ..
    Bagaimana caranya sehingga manusia tetap menjaga kebersihan air?

    ReplyDelete
  33. NAMA :YOSEF MAGE KLOBONG
    NIM :142389051
    PRODI :TIH/II
    dari artikel diatas,setelah saya membaca saya menghimbau kepada semua kalangan masyarakat ,agar tidak membuang sampah sembarangan. buanglah sampah pada tempatnya.terutama pada daerah perairan,karna pada daerah perairan sangat cepat dan mudah tercemar,banyak resiko yang bisa kita dapat dari pencemaran itu,dampaknya bisa pada manusia dan makluk hidup pada daerah perairan,dampak pada mkluk hidup di perairan semuanya akan mati,,,

    ReplyDelete
  34. Nama:Noldi Ano
    Nim:2123813037
    Semester: V
    Dari artikel yg baca sebenarnya tergantung dari kita menjaga linkungan agar tdk tercemar limbah dan segala bentuk polusi
    Seharusnya pemerintah dan masyarakat yg terkait agar lebih baik dalam menjaga linkungan...kalau lingkungan tercemar kita tdk bisa berbuat apa apa aktivitas contoh menangkap ikan tdk bisa karena air tercemar dari limbah manusia
    Seharusnya kita lebih tempat kan diri dalam menangngi limbah sekian dan trimakasih πŸ™πŸ»πŸ˜‡

    ReplyDelete
  35. Dari artikel yang sya baca di atas saya menyimpulkan bahwa pada umumnya para nelayan menderita Dan menghadapi kerugian rupiah.pencemaran ini dapat menggangu keberlanjutan sumberdaya air, sehingga menimbulkan dampak negatif pada industri perikanan , ekosistem dan komunitas nelayan.untuk mengatasi masalah ini, perlu adanya upaya pemerintah dan permasyarakatan untuk mengurangi populasi , melindungi laut,dan meningkatkan keberlanjutan sumberdaya air.TerimakasihπŸ™πŸ»πŸ˜‡

    ReplyDelete
  36. Pencemaran Perairan.
    Dari artikel yang saya baca di atas,dapat di simpulkan pencemaran perairan dapat di sebabkan oleh manusia itu sendiri atau diri kita sendiri,yaitu dengn membuang sampah sembarangn dan penggunaan limbah berbagai macam limbah.Oleh karena itu,penting untuk di ingat bahwa perairan adalah sumber penting untuk kehidupan makhluk hidup,untuk itu jagalah kebersihan lingkungan hidup.

    ReplyDelete
  37. Di sini saya menyimpulkan bahwa Perairan adalah tempat hidup berbagai biota akuatik. Kita mengambil ikan dan jenis biota akuatik lainnya untuk memenuhi kebutuhan hidup (konsumsi dan/atau dijual). Kehidupan biota akuatik sangat bergantung pada daya dukung lingkungan perairan. Kualitas perairan sangat menentukan kesehatan biota akuatik yang ada di dalamnya. Apabilah air yg kotor dan dan terceceran dari pembuangan sampah secara terbuang akan menyebabkan gangguan pada Habitat ikan dan Biota laut lainya maka haru ada kegiatan penjagaan Sumber daya laut dari pembuangan sampah sehingga Pencemaran air tidak dapat Tercemar oleh sampah sehingga biota yang ada di dalam laut tidak terancam punah ataupun hilang.

    ReplyDelete
  38. Perairan

    Perairan adalah tempat hidup berbagai biota akuatik. Kita mengambil ikan dan jenis biota akuatik lainnya untuk memenuhi kebutuhan hidup (konsumsi dan/atau dijual).
    menurut saya pencemaran air sangat berdampak buruk bagi semua makluk hidup terutama bagi makluk hidup yang berada di perairan,karna kurangnya kesadaran manusia yang selalu berbuat semena-mena dengan membuang sampah sembarangan tanpa berpikir akan berdampak buruk terhadap lingkungan dimana manusia tinggal,hal ini mengakibatkan makluk hidup yang berada di air kekurangan oksigen dan akan membuat ekosistem di air akan punah,hal ini juga berdampak bagi manusia yaitu kurangnya ketersediaan air bersih karna bakteri berkembangbiak di dalam jika air yang tercemar di minum oleh manusia akan membuat manusia menderita berbagai macam penyakit.
    seperti kata pepatah jangan hancurkan mata air atau akan mengakibatkan banjir air mata

    ReplyDelete
  39. Pencemaran air adalah suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danau, sungai, lautan dan air tanah akibat aktivitas manusia.Pencemaran air adalah suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danau, sungai, lautan dan air tanah akibat aktivitas manusia.hal ini juga berdampak bagi manusia yaitu kurangnya ketersediaan air bersih karna bakteri berkembangbiak di dalam jika air yang tercemar di minum oleh manusia akan membuat manusia menderita berbagai macam penyakit.

    ReplyDelete
  40. Perairan adalah tempat hidup berbagai biota akuatik, kita mengambil ikan dan jenis biota akuatik lainnya untuk memenuhi kebutuhan hidup (konsumsi dan / atau dijual)
    Menurut saya, pencemaran perairan sangat berdampak buruk bagi semua makhluk hidup karena dapat menyebabkan kematian dan penyakit yang cepat menular. Untuk itu perlunya menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya suapya tidak adanya pencemaran dimana" terlebih khusus pada perairan
    Terima kasih πŸ™πŸ™πŸ™

    ReplyDelete
  41. Perairan adalah tempat biota akuatik hidup,..
    Jdi jika lingkungan perairan tercemar maka kehidupan biota laut jga terganggu dan kecil kemungkinannya dr mereka yang bisa mendapatkan makanan bnyak untuk mereka makan dgn adanya kerusakan atau pencemaran air maka akan lebih susah bagi mereka mencari dan mendapatkan makanan

    ReplyDelete