Selamat Datang

Saya mengucapkan terima kasih atas kunjungan Anda di Dasar-dasar Ilmu Lingkungan. Saya ingin berbagi informasi tentang materi-materi perkuliahan dan pengetahuan. Harapan saya, semoga kita bisa tetap bersama, berkomunikasi dan berbagi pengalaman tentang ilmu lingkungan. Saya sangat menghargai waktu yang Anda telah gunakan untuk membuka situs ini dan menjelajah pada layanan yang tersedia. Semoga Anda mendapatkan apa yang Anda ingin ketahui, dan apabila Anda belum menemukannya silahkan memberikan masukan guna penyempurnaan situs ini. Terima kasih.

Tuesday, May 20, 2014

Pencemaran Lingkungan


Lingkungan dapat berubah oleh karena kerusakan dan pencemaran. Kerusakan lingkungan umumnya dapat dipandang sebagai berubahnya bentang, struktur dan komposisi sebagai akibat dari kegiatan kerusakan fisik seperti patahn dalam bentuk gempa bumi, gunung meletus, dan aktivitas manusia seperti pembalakan liar yang mengubah struktur vegetasi yang diikuti dengan perubahan struktur dan kondisi komponen abiotik di dalamnya. Gunung meletus dan gempa, oleh manusia dipandang sebagai bencana alam, namun bagi alam itu sendiri, kejadian itu adalah dinamika alami sebagai interaksi antar komponen biotik. 
Kerusakan lingkungan akan kita bahas pada pokok bahasan kerusakan lingkungan setelah pokok bahasan pencemaran lingkungan ini. Saat ini, di kota-kota metropolitan di Indonesia, pencemaran lingkungan adalah permasalahan yang dihadapi oleh para penghuninya. 



Jenis pencemaran yang bergaul karib dengan mereka adalah pencemaran udara (polusi), pencemaran air, dan pencemaran tanah. Asap kendaraan bermotor, kualitas air bersih di bawah baku mutu dan menurunnya kesuburan tanah adalah kawan mereka yang setia. Ketika kita berbicara tentang pencemaran, enam hal yang perlu kita petakan yaitu definisi sederhana pencemaran, sumber pencemaran, partikel yang mengontaminasi lingkungan, lingkungan yang terpapar bahan pencemar, dampak negatif dan bagaimana cara menanganinya. Definisi pencemaran dapat diperoleh dari berbagai referensi yang membahas tentang pencemaran, baik dalam bentuk text book, jurnal hasil penelitian, peraturan pemerintah yang dapat diakses secara langsung maupun dari fasilitas on-line. 

beberapa hal berkaitan dengan pencemaran lingkungan dijelaskan sebagai berikut:

  1. Secara singkat, pencemaran adalah masuk dan/atau dimasukkannya bahan-bahan potensial sebagai bahan pencemar ke dalam lingkungan yang berdampak pada menurunnya daya dukung lingkungan. Arti kata masuk adalah bahan-bahan tersebut tanpa campur tangan manusia, berpindah dari sumber ke lingkungan, sedangkan arti kata dimasukkannya adalah menandakan bahan-bahan pencemar sengaja dimasukkan dalam lingkungan. Masuk secara sengaja (dimasukkan), misalnya air limbah industri dengan TDS, TSS, BOD, COD tinggi, tanpa pengolahan air limbah di buang secara langsung ke lingkungan baik darat maupun perairan. Asap pabrik tanpa perlakuan pada cerobong asap untuk menurunkan emisi, langsung dibuang ke uadara yang mengakibatkan kandungan gas yang semula sangat kecil di udara menjadi lebih besar, dan gas-gas tersebut berpotensi terhirup oleh manusia dan/atau makhluk hidup lainnya.
  2. Sumber pencemar, secara sederhana diartikan sebagai media atau tempat atau aktivitas yang berpotensi mengeluarkan bahan-bahan pencemar lingkungan. Sebagai contoh rumah sakit, pabrik tekstil, pertambangan.
  3. Jenis dan ukuran serta kuantitas partikel bahan pencemar menentukan bentuk paparan dan proses perpindahan bahan pencemar dari sumber ke lingkungan yang dikontaminasinya. Jenis gas, padat dan cair memiliki proses yang berbeda dalam mengontaminasi lingkungan.
  4. Lingkungan yang terpapar bahan pencemar sangat bervariasi bergantung pada jenis bahan pencemar, kedekatan dengan sumber bahan pencemar, dan jenis lingkungan yang ada di sekitarnya. Berdasarkan uraian tersebut, maka lingkungan yang terpapar bahan pencemar dapat berupa lingkungan daratan, perairan, dan manusia juga terkadang secara khusus diperbincangkan.
  5. Berbicara tentang dampak, kita mengenal dua dampak yaitu dampak positif dan dampak negatif. Dampak positif adalah segala perubahan menuju pada meningkatnya daya dukung untuk melakukan segala proses kehidupan. Sebagai contoh pembangunan pusat perbelanjaan atau pabrik sepatu misalnya, memberikan dampak positif berupa meningkatnya kemampuan masyarakat yang dijadikan sebagai karyawan melalui terbukanya lapangan pekerjaan baru. Berbekal pemikiran tentang dampak positif, maka dampak negatif adalah kejadian berlawanan dengan dampak positif yaitu menurunnya daya dukung lingkungan. Membuang air limbah dari restoran dan perhotelan yang mengandung bahan organik tinggi ke lingkungan perairan akan menambah nilai BOD untuk menguraikan sisa-sisa makanan tersebut. Dengan demikian akan terjadi penurunan kandungan oksigen terlarut di wilayah perairan yang mengganggu kehidupan biota akuatik, ditambah lagi dengan adanya senyawa amonia sebagai hasil akhir daro penguraian bahan organik dengan kondisi defisit oksigen. Amonia ini sangat berbahaya bagi kehidupan ikan.
  6. Slogan mencegah lebih baik daripada mengobati, juga berlaku dalam pengelolaan lingkungan mengingat upaya untuk mengubah dan/atau mengembalikan lingkungan pada kondisi  semula setelah pencemaran terjadi relatif membutuhkan waktu dan biaya yang lebih dibandingkan apabila kita melakukan pencegahan. Pencegahan dimaksud adalah meminimalkan limbah dan sampah baik dalam bentuk kualitas maupun kuantitas dengan menggunakan berbagai sentuhan teknologi. Contoh sederhana adalah mendaur ulang sampah, dan melakukan pengelolaan limbah cair dengan prinsip produksi bersih.
- See more at: http://lochanaeducation.weebly.com/dasar-dasar-ilmu-lingkungan.html#sthash.Op1Muw55.dpuf

35 comments:

  1. menurut saya pencemaran dan kerusakan lingkungan di sebabkan oleh manusia yang tidak bertanggung jawab terhadap lingkungannya dimana manusia itu tinggal.
    kerusakan lingkungan secara alami itu berasal dari gempa bumi,gunung meletus tsunami dan sebagainya.sedangkan pencemaran lingkungan itu di buat oleh manusia contohnya pembakaran hutan, penebangan hutan secara liar,dan kegiatan pertambangan tanpa ijin.

    ReplyDelete
  2. artikel ini sangat baik bagi setiap orang yang membacanya mengapa..? saya katakan sangat baik karena, pencemaran lingkungan bukan hanya membahayakan bagi orang-orang tertentu saja tapi, sangat membahayakan juga bagi kita semua terutama bagi anak-anak usia dini.
    sangat baik juga bagi setiap Mahasiswa yang dapat membaca artikel ini, karena Mahasiswa itu sendiri akan tahu bagaimana caranya menghindari Pencemaran Lingkungan bagi dirinya bahkan orang-orang di sekitarnya..... terimakasih.

    ReplyDelete
  3. 3. Pencemaran lingkungan
    Dari materi yang di paparkan saya menyadari bahwa sebagai makluk yang sempurna tidak ada apa-apanya apabila kita tidak bergantung pada lingkungan dan makluk hidup lain. Namun dengan sikap manusia yang serakah maka berdampak negatif pada lingkungan hidup. Misalnya pencemaran lingkungan, polusi, pencemran perairan. Padahal tidak disadari oleh manusia bahwa merusak atau mencemari lingkungan membawa dampak bagi manusia itu sendiri, misalnya manusia makan ikan dari perairan yang telah kontaminasi logam berat sehingga akan berpengaruh pada tubuh manusia juga. Pada pencemaran udara juga membawa dampak yang sangat serius bagi manusia yang dimana pada daerah metropolitan yang banyak mengeluarkan asap kendaraan dan perindustrian sehingga CO2 yang di keluarkan akan mengembung di udara membentuk CO yang beracun yang dimana kembali dihirup oleh manusia dan hewan sehingga berpengaruh pada alat pernapasannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama: YUNUS KATAMBA REMITANA
      Prodi : TIH
      Semester : II

      Pencemaran lingkungan
      Dari materi yang di paparkan saya menyadari bahwa sebagai makluk yang sempurna tidak ada apa-apanya apabila kita tidak bergantung pada lingkungan dan makluk hidup lain. Namun dengan sikap manusia yang serakah maka berdampak negatif pada lingkungan hidup. Misalnya pencemaran lingkungan, polusi, pencemran perairan. Padahal tidak disadari oleh manusia bahwa merusak atau mencemari lingkungan membawa dampak bagi manusia itu sendiri, misalnya manusia makan ikan dari perairan yang telah kontaminasi logam berat sehingga akan berpengaruh pada tubuh manusia juga. Pada pencemaran udara juga membawa dampak yang sangat serius bagi manusia yang dimana pada daerah metropolitan yang banyak mengeluarkan asap kendaraan dan perindustrian sehingga CO2 yang di keluarkan akan mengembung di udara membentuk CO yang beracun yang dimana kembali dihirup oleh manusia dan hewan sehingga berpengaruh pada alat pernapasannya.

      Delete
  4. NAMA : FLORIDA WEKO SENA
    NIM : 132389008

    3. PENCEMARAN UDARA

    setelah membaca blog yang ada, saya menemukan banyak sekali kenyataan hidup manusia yang harus di rubah, dalam hal ini berkaitan dengan lingkungan hidup. lingkungan hidup yang dimaksud khususnya lingkungan udara sekitar kita,manusia harus menyadari bahwa kehidupan kita sangat bergantung pada udara, misalnya menambah oksigen, jadi diharapkan manusia sadar akan pentingnya lingkungan. sehingga manusia dihadirkan untuk melestarikan lingkungan bukannya merusaknya , melestarikan dalam hal ini menanam, memelihara dan merawat pohon dengan baik. sehingga manusia dapat menghirup O2 yang dihasilkan dari tanaman yang sudah ada. atau polusi yang dihasilkan dari industi pabrik dapat ditahan oleh pepohonan yang telah dilestarikan.

    ReplyDelete
  5. Nama; gordianus sabang
    nim: 132389013
    prodi ; tih/ 2


    menurut saya pencemaran lingkungan di sebabkan oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi contohnya ,limba-limba yang berasal dari rumah sakit yang mengakibatkan pencemaran air dan mengakibatkan mikroorgansme yang ada dalam tanah mati sehinga menggaggu kehidupan tanaman.

    ReplyDelete
  6. Nama: Theresia Fernandez
    Tih 2

    Berdasarkan pemaparan materi di atas saya sedikit mengambiil keputusan bahwa pencemaran lingkungan sering terjadi di sekitar kita ,bahkan ada yang sampai mengancam kesehatan kita , bila di ulas kembali pencemaran tersebut terjadi karena ulah kita manusia sendiri , yang tidak merawat serta melestarikan lingkungan di sekitar kita.
    akhibat dari kelaliaan kita ini sering terjadi bencana alam uang dampaknya sangat merugikan kita manusia.
    adapun beberapa upaya yang dapat kita lakukan untuk mencegah pencemaran di lingkungan kita yaitu tidak membuang sampah di sungai, laut , tidak menebang pohon, membakar hutan dan lain sebainya. dengan begitu lingkungan kita menjadi indah,bersih,dan bebas dari pancemaran .

    ReplyDelete
  7. Nama : Novita Mete
    Nim : 132389023


    Berdasarkan artikel yang saya baca bahwa akibat pencemaran lingkungan sangat berpengaruh pada kondisi alam. kerusakan alam akan mengakibatkan terjadinya berbagai dampak namun manusia selalu memandang bahwa kerusakan alam seperti gunung meletus akhibat keadaan alam yang semakin tua,tetapi manusia tidak pernah sadar kalau kerusakan alam akhibat dari pencemaran lingkungan yang mengakhibatkan perubahan struktur vegetasi dengan struktur komponen biotik di dalamnya. pencemaran di lingkungan yang terjadi ada yang secara sengaja dibuat oleh manusia dan secara tidak sengaja atau tidak ada campur tangan manusia.
    namun dengan sikap manusia yang tidak ada kesadaran maka dampak terjadi yang negatif pada lingkungan hidup, dengan adanya pencemaran lingkungan sangat berpengaruh pada kesehatan manusia seperti pada pencemaran udara yang akan di hirup oleh manusia yang sangat berpengaruh pada proses pernapasan dan membuat manusia sering mengalami penyakit asma,.

    ReplyDelete
  8. Nama : Marleny puspita bole
    Nim : 132389017
    Prodi : TIH 2

    Menrt saya stelah mmbaca materi ini. .manusia selalu memandang bahwa manusia tidag memikir bahwa lingkungan yang tmpat kita hidup jika rusak akan berdampak negatif bagi MH pada lingkungan hidup dngan adanya pencemaran lingkungan sangat berpengaruh pada kesehatan manusia seperti pencemaran udara yang akan di hirup oleh manusia yang sangat berpengaruh pada proses pernapasan dan manusia sering mengalami infeksi pernapasan dan asma

    ReplyDelete
  9. NAMA; YOSEPH.M.B. KABELEN
    NIM;132389038
    PDRI;TIH
    Dari materi yang di paparkan saya menyadari bahwa sebagai makluk yang sempurna tidak ada apa-apanya apabila kita tidak bergantung pada lingkungan dan makluk hidup lain. Kita smua saling bertergantungan satu sama lain

    ReplyDelete
  10. Nama : Erniana Nopala
    Nim : 132389006
    Prodi : Tih / 2A

    setelah saya membaca pencemaran lingkungan di akibatkan oleh polusi udara,dan asap-asap dari pabrik. Dan pencemaran lingkungan sangat berbaha bagi kesehatan.

    ReplyDelete
  11. Nama:Yulita Roman
    Nim :132389039
    Prodi :TIH

    Dari materi yang saya baca,bahwa pencemaran lingkungan itu baik sengaja ataupun tidak sengaja di buat oleh manusia,contohnya penebangan hutan dan pembakaran hutan secara sembarangan.Maka dengan itu, cara untuk mencegah pencemaran tersebut yaitu dengan cara melestarikan hutan yang masih ada di lingkungan kita masing-masing.

    ReplyDelete
  12. Nama:Yulita Roman
    Nim :132389039
    Prodi :TIH

    Dari materi yang saya baca, pencemaran itu baik sengaja ataupun tidak sengaja di buat oleh manusia. Contohnya penebangan hutan dan pembakaran hutan secara sembarangan.Maka dengan itu, cara untuk mencegah pencemaran tersebut yaitu dengan cara melestarikan hutan yang masih ada di lingkungan kita masing-masing.

    ReplyDelete
  13. Nama : Fransiskus La'a
    Nim : 132389009
    Prodi : TIH 2


    Menurut saya Pencemaran lingkungan di waspadai oleh semua orang sebab pencemaran lingkungan dampaknya bagi semua orang maka butuh campur tangan manusia dalam melestarikan alam ini sehingga lingkungan kita tetap terjaga dan kita pun merasa nyaman.
    Jika lingkungan kita sudah tercemar oleh beberapa faktor di atas maka dampak negatifnya sangat besar bagi manusia sebab hidup manusia juga sangat tergantungan pada lingkungan,

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. nama : fredrikus hamba kawarang
    nim : 132389010
    prodi : Tih

    setelah membaca artikel tersebut mengenai pencemaran lingkungan,pencemaran lingkungan tersebut bukan hanya berawal dari alam itu sendiri mmmelainkan karena ulah manusia yang tdak menyadari bahwa lingkungan sangat penting,namun manusia mengabaikan hal itu,

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Nama : Petrus onko silla
    Nim : 142389035
    prodi : TIH( 2)

    Dari artikel yang saya baca pencemaran lingkungan terjadi karena akibat dari ula manusia. oleh sebap itu perlu adanya pengendalian pencemaran lingkungan sehinga tidak dapat menggangu kesehatan bagi manusia, dan makluk hidup lainnya..untuk itu ciptakan suasana lingkungan yang dbersi dimanapun kita berada,,,,

    ReplyDelete
  18. nama: petrus onko silla
    nim : 142389035
    prodi :TIH (2)


    Dari artikel yang saya bca pencemaran lingkungan bersumber dari kegiatan manusia maupun lingkungan. pencemaran lingkungan ini membuat lingkungan terganggu. sehingga berdampak pada manusia dan makhluk hidup yang lainnya. pertambahan penduduk menunjukan bahwa bertambah juga limbah karena setiap aktifitas manusia selalu berkaitan dengan limbah, oleh sebab itu butuh penanganan yang serius dan perlu diperhatikan krena apabila limbah meningkat melebihi batas normal maka akan menimbulkan limbah yang dikenal dengan limbah B3. yang sangat berbahaya. terima kasih

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. Nama : Abilio Maia
    Nim : 142389001
    Prodi : TIH (II)


    Pencemaran Lingkungan

    Dari artikel yang telah saya baca diatas,Saya temukan bahwa pencemaran lingkungan dapat terjadi karena ulah Manusia,Termasuk saya sendiri.Ada beberapa jenis pencemaran lingkungan yaitu:Pencemaran Udara, Pencemaran Air,Pencemaran Tanah,dan Pencemaran Hutan.Maka dari sini, Kita perlu melestarikan lingkungan dengan cara:Tidak membakar Hutan sembarangan,Tidak menebang pohon sembarangan,Membuang sampah pada tempatnaya,Tidak meracuni Ikan-ikan yang ada di Laut.

    ReplyDelete



  21. NAMA:JAMMES VICKERZ S.G.LEBE
    NIM:142389020
    PRODI:TEKNOLOGI INDUSTRI HORTIKULTURA

    PENCEMARAN LINGKUNGAN

    dari artikel yang sy baca di atas,saya dapat temukan bahwa pencemaran lingkungan dapat terjadi karna ulah manusia yang tidak bertnaggung jawab dengan lingkungan itu sendiri.
    dari artikel yang saya baca saysa dapat menemuikan beberapa pencemaran lingkungan seperti; pencemaran udara,pencemaran air,pencemaran darat.
    pencemaran udara terjadi karna asap kendaraan bermotor,asap-asap industri.Pencemaran air terjadi karna limbah pabrik yang di buang ke sungai atau saluran-saluran air.Pencemaran darat dapat tejadddi karna pemakaian pupuk-pupuk kimia secara berlebihan yang dapat mempengaruhi struktur tanah.
    cara yang harus di lakukan adalah dengan mengurangi pemakaian pupuk kimia..........

    ReplyDelete
  22. NAMA :ANINA LEITE BARETO
    NIM :142389006
    PRODI :TIH


    PENCEMARAN LINGKUNGAN

    Dari blok yang saya baca tentang pencemaran lingkungan ada berbagai macam pencemaran yang dapat merusak lingkungan yaitu pencemaran air,pencemaran udara, dan pencemaran tanah.maka dari situ kita harus dapat mengatasinya dengan cara membuang sampah pada tempatnya,melestarikannya dengan cara menanam kembali pohon-pohon pada pinggir jalan dan di berbagai hutan yang gundul,dan jangan membakar hutan sembarang.TERIMAKASIH

    ReplyDelete
  23. NAMA =MERSI SOLLE
    NIM =142389032
    PRODI = TIH/2
    JURUSAN= TPH

    Pencemaran Lingkungan.
    Selamat pagi Ibu, berdasarkan artikel yang saya bacakan diatas, pencemaran Lingkungan terjadi karena ulah dari manusia sendiri yang membuang limbah dan sampah sembarangan, baik membuang di air maupun didaratan sehingga dapat merusak lingkungan sekitar dan merugikan banyak orang. yang mau tanyakan, bagaimana cara untuk mengatasi permasalahan tersebut.

    ReplyDelete
  24. NAMA : EVIANO SOARES SARMENTO
    NIM : 142389012
    PRODI : TIH

    pencemaran Lingkungan

    Setelah saya membaca materi ini.manusia ( penghuni ) tidak pernah memandang lingkungan sekitar.padahal lingkungan adalah tempat atau kehidupan yang perlu di jaga untuk keselamatan manusia, terutama kesehatan manusia dan hewan serta tumbuhan. karna satu membutuhkan satu sama lain untuk keperluan masing-masing.

    ReplyDelete
  25. Nama:Maria Gorethi Mako Mau
    Nim :142389026
    Prodi :TIH /2



    PENCEMARAN AIR.


    Dari artikel yang saya baca maka saya dapat menyimpulkan bahwa pencemaran air sangat berpengaruh terhadap lingkungan dan dapat menyebabkan kematian, karena pencemaran lingkungan merupakan polutan atau polusi tanah yang di buang secara langsung maupun tidak langsung di wilayah perairan dapat menimbulkan penambahan jumlah wilayah dan jenis bahan -bahan di wilayah peraiaran sehingga aktivitas hidup biota akuatik mengalami gangguan. Air tanah merupakan bagian penting dalam siklus hidrologi. polusi air dapat menyebabkan kematian dan penyakit. Pencemaran air membutuhkan evaluasi dan revisi kebijakan air pada semua tingkat.Maka dengan ini kita dapat menjaga lingkungan alam sekitar kita, terutama air sehingga tidak dapat menimbulkan kematian terhadap kita.

    ReplyDelete
  26. Nama: Aplonia Sako
    Nim:23238l3007
    Prodi: agribisnis perikanan

    Pencemaran lingkungan

    Dari artikel yang saya baca diatas pencemaran lingkungan merugikan bagi semua makhluk hidup atau lingkungan sekitar.Dalam pengendalian pencemaran lingkungan yang dilakukan belum berjalan maksimal karena kurangnya koordinasi antara instansi instansi, terkait, kurangnya kegiatan sosialisasi dampak pencemaran, minimal partisipasi masyarakat dalam upaya pengendalian pencemaran Dan keterbatasan fasilitas Dan dana untuk pembangunan IpAL.pencemaran lingkungan dapat terjadi ketika komponen fisik Dan biologis dari sistem bumi dan atmosfer terkontaminasi, yang dapat disebabkan oleh kegiatan manusia maupun proses alam.
    Terimakasih 🙏😇

    ReplyDelete
  27. Pencemaran Lingkungan
    Dari artikel yang saya baca di atas adalah pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh diri kita sendiri dan terjadi karena perbuatan kita yang dapat terjadi dimana mana dan sangat merugikan makhluk hidup atau lingkungan sekitar . contoh pencermaran yang saya lihat yaitu asap knalpot kendaraan bermotor, pembakaran hutan,dan membuang sampah sembarang.pencemaran lingkungan ini juga disebabkan atau kurangnya koordinasi atau partisipasi masyarakat dalam upaya pengendalian dan kerja bakti.jadi Kita harus menjaga kebersihan agar lingkungan sekitar kita bersih dan sehat.
    Terimakasih 😇🙏🏻

    ReplyDelete
  28. Pencemaran Lingkungan
    Dari artikel yang saya baca di atas dapat di simpulkan bahwa aktifitas manusia yang tidak berkelanjutan dan tidak bertanggung jawab dapat menyebabkan kerusakan serius pada lingkungan alam kita.Oleh karena itu,penting bagi kita untuk mengambil tindakan yang bertanggung jawab dan berkelanjutan untuk mengurangi pencemaran lingkungan.
    Terima kasih🙏

    ReplyDelete
  29. Pencemaran Lingkungan Yang Saya Baca dan saya pahami bahwa Pencemaran lingkungan merupakan fenomena yang terjadi karena adanya zat pencemar dan polutan yang mengganggu keseimbangan lingkungan. Terjadi akibat masuknya bahan kimia yang tidak diinginkan ke dalam tanah akibat aktivitas manusia. Pencemaran lingkungan terbagi menjadi tiga jenis, yaitu pencemaran air, pencemaran tanah, dan pencemaran udara. Pencemaran lingkungan dapat disebabkan oleh faktor alami atau buatan, dan dapat mempengaruhi keseimbangan ekosistem dan kesehatan manusia. Untuk menangani pencemaran lingkungan, perlu dilakukan pengelolaan lingkungan dan pengelolaan sampah dan limbah yang tepat, serta perlindungan lingkungan hidup. sekian dan terima kasih🙏

    ReplyDelete
  30. Dari artikel yang saya baca,sangat mengesankan bagi saya, karena perbuatan dan tingkahlaku yang telah di buat, manusia tidak menyadar akan perbuatan yang di lakukan. oleh sebab itu lingkugan banyak yang rusak karena ulah manusia,,seperti banjir.
    Dari blok yang saya baca tentang pencemaran lingkungan ada berbagai macam pencemaran yang dapat merusak lingkungan yaitu pencemaran air,pencemaran udara, dan pencemaran tanah

    ReplyDelete
  31. Pencemaran lingkungan adalah terkontaminasinya komponen fisik dan biologis dari sistem Bumi dan atmosfer sehingga mengganggu keseimbangan ekosistem lingkungan
    Pencemaran juga adalah masuknya atau dimasukkanya makhluk hidup, zat energi dan atau komponen lain ke dalam lingkungan
    Menurut saya pencemaran lingkungan ini terjadi akibat terjadinya pencemaran air, pencemaran tanah,dan pencemaran udara . pencemaran " ini akibat ulah manusia itu sendiri karena kurangnya kesadaran manusia untuk bertanggung jawab menjadi kebersihan sehingga banyak kerusakan lingkungan akibat pencemaran ini. Untuk itu kita harus bekerja sama menjaga kebersihan lingkungan kita agar tidak adanya pencemaran yg dapat mendatangkan penyakit"
    Terima kasih 🙏🙏🙏

    ReplyDelete
  32. Lingkungan adalah habitat manusia dlm kehidupan sehari-hari...jadi jika lingkungan tercemar maka aktivitas manusia akan terganggu dan kecil kemungkinannya akan mendatangkan penyakit...mulai dr manusia yg menghirup udara yg tidak segar akibat polusi pabrik dan asap kendaraan ...jadi jika ingin lingkungan kita bersih kita harus menjaga dan merawat bersama -sama .

    ReplyDelete