Selamat Datang

Saya mengucapkan terima kasih atas kunjungan Anda di Dasar-dasar Ilmu Lingkungan. Saya ingin berbagi informasi tentang materi-materi perkuliahan dan pengetahuan. Harapan saya, semoga kita bisa tetap bersama, berkomunikasi dan berbagi pengalaman tentang ilmu lingkungan. Saya sangat menghargai waktu yang Anda telah gunakan untuk membuka situs ini dan menjelajah pada layanan yang tersedia. Semoga Anda mendapatkan apa yang Anda ingin ketahui, dan apabila Anda belum menemukannya silahkan memberikan masukan guna penyempurnaan situs ini. Terima kasih.

Wednesday, March 13, 2013

Kehidupan Biosfer

Hari Selasa tanggal 12 Maret 2013, kalender memberikan tanda adanya hari libur ditandai dengan warna merah pada tanggal tersebut. Pada tanggal tersebut, semua Umat Hindu di Indonesia merayakan Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1935. Selain tanggal tersebut, masih tersedia tanggal-tanggal yang ditetapkan sebagai hari libur nasional. Tanpa bermaksud untuk tidak menikmati fasilitas hari libur tersebut, sebagai mahasiswa dan dosen diharapkan tetap memenuhi jumlah tatap muka sebagaimana telah ditetapkan oleh aturan yang berlaku.


Apabila dikaji lebih lanjut, seyogyanya kita lebih memaknai jam pertemuan bukan hanya sebuah proses bagian dari administrasi proses belajar mengajar, tetapi lebih pada seberapa besar pencapaian tujuan ketika proses belajar mengajar tersebut kita laksanakan di ruang perkuliahan. Oleh karena itu, mengganti jam perkuliahan yang bertepatan dengan hari libur nasional dan hari libur keagamaan memang adalah salah satu cara. Namun demikian, ada cara lain yang juga dapat dilakukan dengan cara penugasan secara terstruktur yang diunggah pada blog yang disediakan oleh masing-masing mata kuliah online.

Blog ini juga disediakan untuk mengantisipasi keadaan tersebut. Berkaitan dengan mata kuliah Dasar-dasar Ilmu Lingkungan yang sedang dijadwalkan oleh mahasiswa Program Studi Teknologi Industri Hortikultura, Politani Kupang, untuk mengganti perkuliahan yang tidak bisa dilaksanakan karena bertepatan dengan hari libur tanggal 13 Maret 2013, para mahasiswa dipersilahkan untuk mendiskusikan materi perkuliahan berdasarkan panduan sebagai berikut:
  1. Definisi biosfer dan proses kehidupan biosfer (Anda dapat mendapatkan informasi dengan membaca buku Pengantar Ekologi dan Ekologi Umum dan/atau menggunakan jasa web (internet)
  2. Diskusikan beberapa istilah dalam ekosistem diantaranya lingkungan, populasi, komunitas, atmosfer, bioma, jaring-jaring makanan, rantai-rantai makanan. 
  3. Ekosistem (Silahkan Anda memilih salah satu bentuk ekosistem, baik ekosistem perairan atau daratan, dan berikan uraian mengenai berbagai proses kehidupan yang terjadi di dalamnya). Mengacu pada nomor 2, Anda diminta untuk menjelaskan ketujuh istilah tersebut pada ekosistem yang Anda pilih.
  4. Salah satu bahan bacaan tentang biosfer adalah artikel dengan judul Wakatobi salah satu cagar biosfer dunia milik Indonesia, selengkapnya Anda dapat membacanya di sini.







66 comments:

  1. Saya patut berterimakasih kepada ibu selaku pengasuh matakulia Dasar-Dasar Ilmu Lingkungan yang menyediakan artikel belajar online, sehingga jam kulia yang bolong akibat adanya liburan dan sebagainya kami tetap melakukan aktifitas belajar seperti biasa, walaupun tanpa bertatap muka dengan ibu sebagai pengasuh. Dan memang saya akui cara belajar seperti ini cukup efektif. karna kami bisa membaca dan mencermati isi materi yang di sediakan dan jika ada yang kami tidak mengerti kami akan menanyakan kepada ibu untuk lebih memperjelas. Harapan saya cara belajar seperti ini terus ditingkatkan sehingga jam-jam kulia yang tidak terlaksana karna berbagai kendala, kami sebagai mahasiswa tetap belajar dari artikel yang disediakan. Terimakasih.

    ReplyDelete
  2. saya sangat bangga kepada ibu karena walaupun tidak sempat memberikan perkuliaan, namun ibu tetap memberikan yang terbaik dengan berbagai artikel yang terkait dengan perkuliaan tersebut, berkat artikel-artikel yang ada banyak pengetahuan dan ilmu yang saya dapatkan. Dan harapan saya semoga pengetahuhan dan ilmu yang saya dapatkan dapat bermanfaat bagi diri saya, dan apabila ada kesulitan dalam pengetahuan yang saya dapatkan maka saya mohon kapada ibu untuk memberikan penjelasan agar dimengerti

    ReplyDelete
  3. Nama: Anita taiboko
    prodi : TIH 2


    Dari artikel yang saya baca tentang kehidupan biosfer,,,,,ternyata saya dapat menemukan hal hal baru di sini bahwa biosfer juga bagian dari air,tanah udara,,dan saya juga bersukur karna ibu suda membagi ilmunya....

    ReplyDelete
  4. Nama : fitri muhamad
    prodi : tih 2

    sesuai dengan artikel yang saya baca,,,di sini saya dapat menemukan banyak hal hal penting di sini,,tentang kehidupan biosfer,,yang mengenai dengan cuaca dan iklim,,,,dan perlu di kembangkan materi ini tentang biosfer

    ReplyDelete
  5. Nama : teofilus klaber
    Nim : 132389028
    prodih tih2Saya patut berterimakasih kepada ibu selaku pengasuh matakulia Dasar-Dasar Ilmu Lingkungan yang menyediakan artikel belajar online, sehingga jam kulia yang bolong akibat adanya liburan dan sebagainya kami tetap melakukan aktifitas belajar seperti biasa, walaupun tanpa bertatap muka dengan ibu sebagai pengasuh. Dan memang saya akui cara belajar seperti ini cukup efektif. karna kami bisa membaca dan mencermati isi materi yang di sediakan dan jika ada yang kami tidak mengerti kami akan menanyakan kepada ibu untuk lebih memperjelas. Harapan saya cara belajar seperti ini terus ditingkatkan sehingga jam-jam kulia yang tidak terlaksana karna berbagai kendala, kami sebagai mahasiswa tetap belajar dari artikel yang disediakan. Terimakasih

    ReplyDelete
  6. NAMA; YOSEPH M.B. KABELEN
    NIM;132389038
    PRODI;TIH/II

    Dari artikel yang saya baca tentang kehidupan biosfer .memang saya akui cara belajar seperti ini cukup efektif. karna kami bisa membaca dan mencermati isi materi yang di sediakan. Harapan saya cara belajar seperti ini terus ditingkatkan sehingga jam-jam kulia yang tidak terlaksana karna berbagai kendala, kami sebagai mahasiswa tetap belajar dari artikel yang disediakan. Terimakasih

    ReplyDelete
  7. Nama:Yulita Roman
    Nim :132389039
    Prodi :TIH

    Berdasarkan artikel yang saya baca, tentang kehidupan biosfer, disini saya patut berterima kasih kepada Ibu selaku pengasuh mata kuliah Dasar-dasar ilmu lingkungan yang telah memberikan kepada kami artikel belajar, guna untuk mengganti perkuliahan yang tidak terlaksana karena mungkin bertepatan dengan hari libur. Terima kasih.

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. NAMA: SIMON MANISA
    NIM : 122389043
    PRODI : TIH

    Berdasarkan artikel tentang atmosfer yang dimuat dalam blog ilmulingkunganpolitanikupang.blogspot.com yang telah saya baca maka ada simpulan simpula saya ambil dan beberapa pertanyaan yang ingin saya sampaikan ; Bumi terlindung dari radiasi matahari karena adanya lapisa atmosfer yang menyelimuti bumi , dimana atmosfer melindungi bumi dari radiasi gelombang pendek yang dapat menyebabkan pemanasan global serta berbagai penyakit kulit seperti kangker kulit dan lain-lain karena terkena sinar ultra violet yang akan langsung menembus ke permukaan bumi. Untuk melindungi bumi dari radiasi matahari ini maka atmosfer mempunyai system yang dapat menahan radiasi ini di mana atmosfer bumi terdiri dari berbagai lapisan yang masing-masing memiliki fungsi tersendiri untuk melindungi bumi dari radiasi matahari. Bagian-bagian atmosfer ini ketebalannya berbeda beda, yang ingin saya tanyakan ialah apakah ketebalan bagian-bagian atmosfer yang menyelimuti bumi sama atau tidak. Hal ini ingin saya tanyakan karena suhu bumi di setiap tempat berbeda-beda dimana perbedaan suhu ini di pengaruhi oleh radiasi matahari, menurut ibu apakah ketebalan atmosfer mempengaruhi sihu di bumi?

    ReplyDelete
  10. Nama:Maria Gorethi Mako Mau
    Nim :142389026
    Prodi :TIH / 2



    PENCEMARAN AIR.
    Dari artikel yang saya baca maka saya dapat menyimpulkan bahwa pencemaran air sangat berpengaruh terhadap lingkungan dan dapat menyebabkan kematian, karena pencemran lingkungan merupakan polutan atau polusi tanah yang di buang secara langsung maupun tidak langsung di wilayah perairan dapat menimbulkan penambahan jumlah wilayah dan jenis bahan -bahan di wilayah perairan sehingga aktivitas hidup biota akuatik mengalami gangguan . Air tanah merupakan bagian penting dalam siklus hidrologi.polusi air dapat menyebabkan kematian dan penyakit. pencemaran air dapat membutuhkan evaluasi dan revisi kebijakan air pada semua tingkat. Maka kita harus melestarikan alam dan lingkungan dengan baik, dan tidak mencemari air di lingkungan kita karena sangat berbahaya bagi lingkungan sekitar kita.

    ReplyDelete
  11. Nama. :OKYAVIANA MARIA ANJELINA DULA
    NIM. :182389099
    prodi :TIH(C)
    semester:2
    Sebelumnya saya berterima kasih kepada ibu selaku dosen pengasuh mata kuliah Dasar Dasar Ilmu Lingkungan ,karena telah berusaha memberikan yang terbaik buat kami mahasiswa meskipun ydak sempat bertatap muka.
    Disini kami mendapat bnyak ilmu mengenai materi dasar dasar ilmu lingkungan yaitu tentang Kehidupan Biosfer,meskipun bnyak yang sudah kami baca dari materi diatas tetapi kami mengharapkan penjelasan langsung dari ibu pada saat jam kuliah dasar dasar ilmu lingkungan.
    Itu saja dari saya,terima kasih

    ReplyDelete
  12. Nama : yuliana sulastri ivon jawuk
    Kelas :D
    Prodi :TIH
    Nim :182389142


    Saya patut berterima kasih kepada Ibu ,karena dengan adanya belajar online ini sehingga kami sebagai mahasiswa dapat dengan mudah untuk belajar sendir i ,ketika ada jam kuliah yang tidak masuk karena adanya halangan atau sebagainya ,kami masih tetap melakukan aktivitas belajar kami seperti biasa dan materi yg sya dapat atau yg saya baca tdi dapat menyimpulkan bahwa Biosfer itu lapisan dimana semua mahkluk hidup itu tumbuh atau menjadi habitat yang hidup baik Manusia ,flora ,fauna dan mikroorganisme lain nya .

    ReplyDelete
  13. Nama :vilson Due
    Nim :182389134
    Prodi :TIH (D)
    Semester:II
    Menurut saya artikel yg ibu buat sangat bagus dan bermanfaat bagi kami karna dapat mempermudahkan kami dalam belajar tetang dasar-dasar ilmu lingkungan
    Sekian dan terimakasih

    ReplyDelete
  14. Nama : yohanes Bala Warat
    Nim : 182389137
    Prodi: TIH

    Terimakasih ibu karena suda menyediakan materi DASAR DASAR ILMU LINGKUNGAN untuk kami sebagai bahan belajar kami,sehingga kami bisa maengetahui dan memahami apa itu bosfer .

    ReplyDelete
  15. Nama:vensiana Abus
    NIM :182389132
    KELAS:D/TIH

    Terimakasih untk media pembelajaran online yang telah di sediakan.Melalui media ini kami masih tetap mendapatkan materi meskipun tida bertatap muka labgsung...

    ReplyDelete
  16. Nama :Vensiana abus
    Nim 182389132
    Kelas:D
    Terimaksih ibu telah menyediakan media pembelajaran online tentang biosfer yang tentunya sangat membantu pembelajaran meskipun tida bertatp muka langsung....

    ReplyDelete
  17. Nama :Maria yolenta setia
    Nim :182389078
    Kelas:c
    Prodi:TIH
    Ibu terimakasih telah menyediakan media pembelajaran online.....

    ReplyDelete
  18. Nama:stefani A.K Nenu
    Nim :182389123
    Prodi:TIH
    Kelas:D

    Dari artikel yang telah saya baca
    Mengenai Biosfer, saya dapat mengetahui bagian luar dari planet bumi, yang mencakup udara, daratan, dan air yang memungkinkan kehidupan.
    Sekian dan terimakasih.

    ReplyDelete
  19. Nama :Yosafat Eufronius Lolo Wula
    Nim :182389140
    Kelas :D
    Prodi :TIH
    Semester:2

    Sebelumnya sya mengucapkan terimah kasi banyak kepada ibu selaku dosen pengasuh mata kuliah Dasar-Dasar Ilmu Lingkungan yang telah memberikan kami tugas secara online,dengan ini kami sebagai mahasiswa dapat belajar sendiri walaupun tidak sempat bertatap muka dengan ibu.
    Dari mareri yang telah di berikan ibu tentang biosfer saya dapat menyimpulkan bahwa biosfer adalah lapisan dimana makhluk hidup dapat tumbuh atau menjadi habitat bagi makhluk hidup baik baik manusia,flora,fauna dan mikroorganisme lainnya.

    Sekian dari sya,terima kasih


    ReplyDelete
  20. NMA :YUVENTUS SILA
    NIM :182389145
    PRODI:TIH
    SMTR :2

    SAYA berterima kasih kepada ibu karna telah memudakan kami dalam proses belajar lewat pembelajaran online

    ReplyDelete
  21. Nama:Randiantus Un
    Nim:182389108
    Prodi:TIH(C)
    Menurut saya,materi biosfer ini jelas dan saya mengerti

    ReplyDelete
  22. Nama:Skolastika kristina ina wuan
    Nim:182389122
    Prodi:Tih
    Kelas:D
    Terimakasih ibu atas penydian materi lewat onlline...dari saya membaca materi biosfer ini saya dapat mengerti tentang lingkugan biosfer...Terimakasih..

    ReplyDelete
  23. Nama: Selfina Pararade
    Nim : 182389116
    Kelas : D
    Prodi :TIH




    Terima kasih ibu atas materi yang ibu berikan ke kami sebagi bahan kulia kami hari ini.walaupun ibu tidak masuk tetapi ibu masih memberi kami materi melalui oneline

    ReplyDelete
  24. Nama: vebri yanti hana
    Nim :182389131
    Kelas D



    Dari Artikel yang saya baca tentang BIOSFER .saya patut terimakasi kepada ibu yang telah memberikan kami ilmu tentang Dasar- Dasar ilmu lingkungan

    Terimakasi

    ReplyDelete
  25. Nama :Yosafat Eufronius Lolo Wula
    Nim :182389140
    Kelas :D
    Prodi :TIH
    Semester:2

    Sebelumnya sya mengucapkan terimah kasi banyak kepada ibu selaku dosen pengasuh mata kuliah Dasar-Dasar Ilmu Lingkungan yang telah memberikan kami tugas secara online,dengan ini kami sebagai mahasiswa dapat belajar sendiri walaupun tidak sempat bertatap muka dengan ibu.
    Dari mareri yang telah di berikan ibu tentang biosfer saya dapat menyimpulkan bahwa biosfer adalah lapisan dimana makhluk hidup dapat tumbuh atau menjadi habitat bagi makhluk hidup baik baik manusia,flora,fauna dan mikroorganisme lainnya.

    Sekian dari sya,terima kasih


    ReplyDelete
  26. Nama : Vebbyola M Laatang
    Kelas/Smeter : D /2
    Prodi : TIH
    Nim : 182389130


    Trimakasi Saya Ucapkan Kepada ibu Karna Telah Memberikan Kami Proses Belajar Online Dan Kami Dapat Memahami Proses Kehidupan Biosfer Dan Ekosistem ...

    ReplyDelete
  27. nma : yuventus sila
    nim. :182389145
    klas. :D

    Dengan adax mata kulia ini saya dapat menyatauhui keragaman biosver yang ada dan tentang kehidupan itu sndiri dan juga pentingnya biosver itu sndri

    ReplyDelete
  28. Nama : Rossalin Para Rade
    Prodi:TIH
    Kelas:c

    Saya berterimakasih kepada ibu selaku pengasuh mata kuliah DASAR-DASAR ILMU LINGKUNGAN yang menyediakan belajar online dan kami bisa belajar tanpa harus bertatap muka .

    ReplyDelete
  29. Nama : Rossalin Para Rade
    Prodi:TIH
    Kelas:c

    Saya berterimakasih kepada ibu selaku pengasuh mata kuliah DASAR-DASAR ILMU LINGKUNGAN yang menyediakan belajar online dan kami bisa belajar tanpa harus bertatap muka .

    ReplyDelete
  30. Nama:Randiantus Un
    Nim:182389108
    Kelas:C
    Prodi:TIH

    Saya sangat berterima kasih kepada ibu yang sudah menyediakan materi tentang dasar-dasar ilmu lingkungan walaupun ibu tidak sempat mengajar tetapi saya bisa lihat dan bisa belajar dengan baik

    Sekian dan terima kasih

    ReplyDelete
  31. Nama:Randiantus Un
    Nim:182389108
    Kelas:C
    Prodi:TIH

    Saya sangat berterima kasih kepada ibu yang sudah menyediakan materi tentang dasar-dasar ilmu lingkungan walaupun ibu tidak sempat mengajar tetapi saya bisa lihat dan bisa belajar dengan baik

    Sekian dan terima kasih

    ReplyDelete
  32. Nama:Randiantus Un
    Nim:182389108
    Kelas:C
    Prodi:TIH

    Saya sangat berterima kasih kepada ibu yang sudah menyediakan materi tentang dasar-dasar ilmu lingkungan walaupun ibu tidak sempat mengajar tetapi saya bisa lihat dan bisa belajar dengan baik

    Sekian dan terima kasih

    ReplyDelete
  33. Nama :Melania Jenimun
    Kelas :
    Nim :182389088
    Prodi :TIH
    Semester:2

    Dari artikel yang saya baca,,saya sanga berterima kasih sekali keapada ibu selaku Dosen pengasuh Mata kuliah Dasar-dasar ilmu lingkungan.
    Yang telah menyediakan belajar melalui online tanap tatap muka dengan ibu.
    Karna dengan cara ini juga saya sudah banyak mendapatkan materi tentang

    ReplyDelete
  34. Nama :skolastika eno meo
    Nim :182389121
    Prodi TIH D/2
    Terima kasih saya sampaikan kepada ibu selaku dosen dasar-dasar ilmu lingkungan yang sudah memberikan kuliah secara online.walaupun tidak melalui tatap muka tapi kami belajar.

    ReplyDelete
  35. Nama:Mearti imri nofince Manu
    Kelas:C
    Nim:182389087
    Prodi:TIH

    Terima kasih kepada ibu yang telah memberikan kemudahan kepada kami lewat media online sehingga kami mudah dalam belajar

    ReplyDelete
  36. Nama : safrianus angkang
    Nim: 182389113
    Produ TIH/2
    Kami sangat bertrimakasih kepada ibu selaku dosen dasar-dasar ilmu lingkungan karna walaupun ibu tidak masuk kami dapat belajar lewat media online sehingga dalam waktu kosong kami dapat belajar dasar-dasar ilmu lingkungan lewat online.

    ReplyDelete
  37. Nama : Emerensiana jimun
    Nim : 182389035
    Prodi:TIH/11


    Saya sangat berterima kasih kepada ibu selaku pembawa materi dasar dasar ilmu lingkungan yang belajar lewat online sehingga kami dengan mudah belajar sendiri.Di sini saya dapat ilmu mengenai materi dasar dasar ilmu lingkungan tentang biosfer yaitu lapisan dimana tempat mahluk hidup itu tumbuh atau menjadi habitat bagi mahluk hidup,baik manusia,flora,dan fauna serta mikro organisme lainnya.
    Kami berharap ibu menjelaskan langsung pada saat jam kuliah dasar dasar ilmu lingkungan.
    Itu saja dari saya,terimakasih

    ReplyDelete
  38. Nama :Metodius langa tuwa
    Nim. :182389095
    Kelas :c
    Prodi :TIH


    Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih kepada ibu sebagai dosen pembawa mata kuliah dasar-dasar ilmu lingkungan karena,dengan melalui kuliah online ini sangat membantu saya dalam mempelajari tentang biosfer dan lainnya,di waktu senggang atau tanpa tatap muka . Itu saja dari saya .
    Terima kasih

    ReplyDelete
  39. Nama:Maria setiawati hadiman putri
    Nim :182389077
    Kelas:C
    Prodi: TIH

    Saya sangat bertrimaksihh kepada Ibu Dosen yang telah mempermudahkan kami belajar melalui Online. Ini sangat membantu kami dalam mempelajari lebih banyak tentang Dasar-dasar Ilmu lingkungan .itu saja dari saya . Terimakasih

    ReplyDelete
  40. Nama : Teodorikus Dedi Daman
    Nim :182389125
    Prodi:TIH

    Saya sangat beterima kasi kepada ibu selaku dosen dasar-dasar ilmu lingkunga karena denga ini kami sangat muda untuk belajar melalui online tampa haru kami pergi kampus untuk mendengari penjelasan dari ibu,setidanya kammi dapat mengetaui materi yang suda di berikan melaluhi online. Walupun bukan di sini saja kami dapat mengetahi tapi paling tidak kami suda mempersiakan diri kami ketika masuk dalam ruanga perkuliannya,setidanya kami punya ada gambaran buat kami.
    Dan saya salelalu bersuku karena kami bisa membelajar dimana saja kami berada ealpun waktu libur tapi kami bisa mendapatkan materi yang berkaitan tentang dasar-dasar ilmu tana.
    Terima kasih banyak buat ibu

    ReplyDelete
  41. NAMA:TISI HENDERINA MATNAY
    NIM :182389128
    KELAS: D
    PRODI:TIH

    Terima kasih ibu karna ibu sudah memberikan materi kepada kami mahasiswa lewat online,saya memahami materi yang ibu berikan
    Terima kasih

    ReplyDelete
  42. Nama : Aleksandria N.Tihing
    Nim. : 182389009
    Kelas: A/11
    Prodi: TIH


    Saya sangat berterima kasih kepada ibu selaku dosen mata kuliah dasar dasar ilmu lingkungan.dari materi yang ibu berikan saya dapat menyimpulkan bahwa biosfer adalah seluruh ruang hidup yang di tempati oleh organisme.
    Itu saja sekian dan terimakasih

    ReplyDelete
  43. Nama Marsianus A Ma
    Nim 182389085
    Kls. C
    Semester 2
    Prodi. Tih



    Saya berterima kasi kepada ibu dosen dasar-dasar ilmu lingkungan karna ibu tela menyediakan materi lewat online.Sehingga dapat mempermuda kan mahasiswa untuk belajar.Setidaknya kami
    Sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar kami suda membaca terlebi dahulu.

    Sekian dan terima kasi

    ReplyDelete
  44. Nama:Melsy Yunensri Tungga
    Nim:182389093
    Kelas:C
    Prodi:Tih
    Semester:2
    Tugas:Dasar dasar ilmu lingkungan

    Saya sangat berterimakasih kepada ibu selaku dosen pengasuh mata kuliah dasar dasar ilmu lingkunga,melalui media pembelajaran online ini sehingga kami lebih memahami lagi tentang lingkungan dan biosfer lebih dalam lagi meskipun tidak secara bertatapan langsung

    Sekian dari saya

    ReplyDelete
  45. Nama :yulius s.no
    Nim 182389143

    Saya sangat berterima kasi kepada ibu selaku dosen ilmu kealamn dasar yang tela mempermudakan kami untuk belajar sehinga kami bisa memperluangkan waktu kosng untuk membaca artike dari ibu.
    Sekian dari saya.

    ReplyDelete
  46. Nama:Santi susanti
    Nim:182388114
    Kelas:c
    Prodi:Tih
    Semester:2


    Sya berterimakasih kepada ibu yang mengajar dasar-dasar ilmu lingkungan ada,dgn adanya belajar online ini kami bisa belajar walaupun tdk masuk ruangan atau bertatap muka dgn ibu

    ReplyDelete
  47. Nama:Santi susanti
    Nim:182388114
    Kelas:c
    Prodi:Tih
    Semester:2


    Sya berterimakasih kepada ibu yang mengajar dasar-dasar ilmu lingkungan ada,dgn adanya belajar online ini kami bisa belajar walaupun tdk masuk ruangan atau bertatap muka dgn ibu

    ReplyDelete
  48. Nama : Romanus Sumbi
    Nim :182389110
    Prodi : TIH

    Saya berterimakasih kepada ibu pengasuh dasar dasar ilmu lingkungan yg telah menyediakan materi ini secara online.ini memudahkan kami dalam proses belajar apa bila pada jam tetsebut ada hari yg libur dan dengan cara seprti kami tifak mugkin ketinggalan materi.

    ReplyDelete
  49. Nama :APOLONARIS TURDI
    NIM :182389018
    PRODI :TIH
    SEMESTER:2

    Saya sanฤฃat berterimakasi kepada ibu pengasuh matakulia dasar dasar ilmu lingkungan yang telah membagikan materi ini secara online.
    Karena dengan cara sistim online seperti ini saya bisa beajar lebi giat..

    ReplyDelete
  50. Nama :kristina Bhebhe Mawo
    Nim : 182389062
    Kelas :B
    prodi :TIH

    Terima kasih baanyak kepada dosen pengasuh mata kuliah dasar dasar ilmu lingkungan yg telah dibagikan melalui blog ini,sehingga mempermudah kami dalam proses belajar.walapun tdk bertatap muka langsung,tapi kmi bisa membacanya melalui blog ini

    ReplyDelete
  51. Nama : Elisabeth Boleng
    Nim : 182389033
    Kelas : A
    Semester : II

    Terima kasih saya ucapkan kepada ibu, selaku dosen pengasuh mata kuliah DASAR-DASAR ILMU LINGKUNGAN. Karena, ibu telah menyediakan blog ini untuk kami baca sehingga kami dapat mengerti dan memahami materi tentang biosfer ini. Sehingga dari blog yang saya baca ini, saya dapat menyimpulkan bahwa biosfer adalah lapisan tempat tinggal makhluk hidup di bumi.

    ReplyDelete
  52. Nama:Cornelia Peni Kalikur
    Nim:182389026
    Kelas:A
    Semester:2


    Saya sangat berterima kasih kepada ibu selaku mata kuliah dasar dasar ilmu lingkungan.yang telah membagikan blog ini sehingga dapat mempermudah kami untuk proses belajar.

    ReplyDelete
  53. Nama : AngrliAn M Busa
    Nim : 182389015
    Kelas : A
    Semester: II
    Saya sangat berterima kasih kepada ibu selaku dosen pengasuh mata kuliah Dasar-Dasar ilmu lingkungan yang telah menyediakan blok tentang Biosfer.
    Agar kami dapat mengisi waktu luang untuk belajar dengan mudah.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  54. NAMA : ALEKSIUS PANDUL
    NIM. : 182389010
    PRODI/SEMESTER :2
    KLS :A

    saya berterima kasi kepada dosen mata kulia ilmu lingkungan,karena mata kulia ini bisa membangkitkan minat dan kesadaran masarakat terutama mahasiswa tentang betapa pentingya menjaga lingkungan hidup.bukti dari keikutsertaan mahasiswa dala menjaga linkungan adala mengikuti kegiatan bakti sosial lingkungan..

    ReplyDelete
  55. NAMA : BIBI JEV SON GA ARA
    NIM : 182389025
    PRODI: TIH
    KELAS: A

    Saya sangat berterima kasih kepada ibu dosen yang telah memberikan materi Ilmu lingkungan lewat online, meskipun tidak perlu bertatap muka. Kami bisa belajar dan pentingnya menjaga lingkungan hidup.

    ReplyDelete
  56. NAMA :Alfiana Florentina Medan
    KELAS :A
    NIM :182389011
    PRODI : TIH
    SEMESTER:II


    Saya sangat berterima kasih kepada ibu selaku dosen mata kuliah DASAR DASAR ILMU LINGKUNGAN. Yang telah menyediakan pembelajaran secara online,dengan adanya pembelajaran online kami bisa mendapatkan materi meskipun sedang libur atau tida harus bertatapan muka dengan ibu sebagai dosen pengasuh mata kuliah. Dari blog ini banyak manfaatnya bukan saja ada pembelajra online tapi dari blog ini bisa menyadarkan masyarakat, terlebih bagi maha siswa,akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, karena lingkungan sangat penting dalam kehidupan setiap hari manusia.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  57. Trimah kasih ibu karena sudah menyediakan materi ini untuk kami , kami dapat membaca ini kapan saja ini kapan saja

    ReplyDelete
  58. Nama : Adriana Donuhulu
    Nim : 182389003
    Prodi : TIH
    Semester : 1a
    Terima kasih ibu sudah menyediakan blog ini buat kami karena kami dapat membaca ini kapan saja

    ReplyDelete
  59. Nama : HUTRI ADIBERD MIRA
    Nim : 182389050
    Kelas : B
    Prodi : TIH
    Semester: II

    Terima kasih saya ucapkan kepada ibu, selaku dosen pengasuh mata kuliah DASAR-DASAR ILMU LINGKUNGAN.
    Trimakasih karna ibu telah menyediakan blog ini untuk kami baca sehingga kami dapat mengerti dan memahami materi tentang biosfer ini. Sehingga dari blog yang saya baca ini, saya dapat menyimpulkan bahwa biosfer adalah lapisan tempat tinggal makhluk hidup di bumi dan menyadarkan masyarakat, terlebih bagi maha siswa,akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, karena lingkungan sangat penting dalam kehidupan setiap hari manusia.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  60. Nama : MAKSIMUS MAKUS
    Nim : 182389068
    Kelas : B
    Prodi : TIH
    Semester: II

    Terima kasih saya ucapkan kepada Ibu, selaku dosen matakuliah dasr-dasar ilmu lingkungan, karna telah menyediakan media pembelejaran ini sebagai tempat belajar dan juga mendorong saya bahwa kuliah bukan hanya di dalam ruangan saja melainkan di luar ruangan juga, sehingga saya dapat brlajar tentang biosfer dalam blog ini, setelah saya belajar tentang biosfer saya dapat menyimpulkan bahwa biosfer adalah tempat makhluk hidup tinggal dan lingkungan juga berperan penting dalam kehidupan manusi.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  61. Nama : Florensia Bieba
    NIM : 182389039
    Prodi : TIH
    Kelas : B
    Jurusan: TPH

    Terima kasih buat ibu Dosen Mata kuliah Dasar Dasar ilmu lingkungan, yang telah menciptakan suatu media belajar yang memudahkan kami untuk belajar walaupun tidak secara langsung bertatap muka. Saya bisa lebih paham bahwa belajar itu bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, asalkan ad niat dan tindakan untuk memanfaatkan waktu dengan baik.

    Melalui blog ini, saya dapat menyimpulkan bahwa Biosfer adalah bagian terluar dari planet bumi, dimana sebagai tempat bagi makhluk hidup untuk tinggal, tumbuh dan berkembang, saling berinteraksi antar makhluk hidup, dan makhluk hidup dengan lingkungannya.

    ReplyDelete
  62. Nama: Maria Eupfresia Do Rego
    Nim : 182389072
    Kelas:B
    Semester:II
    Jurusan :TPH
    Prodi:TIH

    Terima kasih saya ucapkan utk Dosen pengasuh mata kulia "DASAR-DASAR ILMU LINGKUNGAN" yg sudah menyediakan blog utk kmi agar kami tetap belajar meskipun tidak bertatap muka tpi kami bisa belajar lewat blog..dan kmi bisa mengetahui apa itu biosfer..Biosfer merupakan bagian luar dari planet bumi yg mencakup udara, daratan, dan air yg memungkinkan kehidupan dan proses biotik berlangsung..

    ReplyDelete
  63. How to Play Pai Gow Poker | BetRivers Casino - Wolverione
    Pai gri-go.com Gow Poker is an online gri-go.com version of a traditional table game in which players worrione.com place apr casino bets in the background. Pai Gow jancasino.com Poker uses only the symbols from a

    ReplyDelete
  64. Terima kasih ibu yang sudah menyediakan blok kuliah online ini,sehingga kami bisa belajar mandiri.Dari blok ini dapat di simpulkan bahwa biosfer itu lapisan atau zona di bumi di mana kehidupan organisme hidup termasuk manusia tumbuh dan berkembang

    ReplyDelete
  65. Nama : Karlina Rita
    Nim :2323813025
    Prodi : Agp
    Kelas : (A)
    Semester : (2)

    Sebelumnya saya patut,mengucapkan limpah Terima kasih banyak kepada ibu selaku pengasuh Mata kuliah Dasar-dasar Amdal.karena ibu telah menyiapkan blok kuliah online ini.sehingga kami dengan mudah mengakses materi ini dan belajar mandiri.disini saya telah membaca materi tentang biosfer dan saya dapat mengerti pengertian tentang biosfer.
    Biosfer adalah sistem ekologis global yang menyatuhkan seluruh makhluk hidup dan hubungan antarmerka, termasuk interaksinya dengan unsur litosfer ( batuan),hidrosfer (air) dan atmosfer ( udara) bumi.
    Terima kasih ๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™

    ReplyDelete
  66. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih kepada ibu selaku dosen pembimbing mata kuliah AMDAL karena telah berbagi materi kepada kami mahasiswa...kalau menurut saya dr wacana yang saya baca saya bisa tau bagaimana itu biosfer dan apa yang terkandung didalamnya seperti air,udara,cuaca ,iklim dan lainnya

    ReplyDelete