Selamat Datang

Saya mengucapkan terima kasih atas kunjungan Anda di Dasar-dasar Ilmu Lingkungan. Saya ingin berbagi informasi tentang materi-materi perkuliahan dan pengetahuan. Harapan saya, semoga kita bisa tetap bersama, berkomunikasi dan berbagi pengalaman tentang ilmu lingkungan. Saya sangat menghargai waktu yang Anda telah gunakan untuk membuka situs ini dan menjelajah pada layanan yang tersedia. Semoga Anda mendapatkan apa yang Anda ingin ketahui, dan apabila Anda belum menemukannya silahkan memberikan masukan guna penyempurnaan situs ini. Terima kasih.

Wednesday, December 5, 2012

Pencemaran Perairan Laut Kebumen: Nelayan menderita kerugian miliaran rupiah

Tumpahan minyak di laut

Sumberdaya alam merupakan salah satu modal dasar pembangunan masyarakat Indonesia, yang harus dikelola dengan baik guna memenuhi kebutuhan generasi saat ini dan generasi yang akan datang (prinsip pembangunan berkelanjutan). Berdasarkan prinsip pembangunan yang berkelanjutan tersebut, maka keseluruhan upaya pemanfaatan sumberdaya alam hendaknya disertai dengan memperhatikan kelestariannya (Djajadiningrat, 2001). Namun demikian, berbagai upaya yang telah dilakukan dalam rangka pemenuhan kebutuhan masyarakat Indonesia, ironisnya, mulai menunjukkan beberapa ketimpangan daya dukung sumberdaya alam dan lingkungan.


Perairan merupakan salah lingkungan hidup yang didalamnya mengandung berbagai sumberdaya hayati maupun non hayati, yang dapat dimanfaatkan oleh manusia. Bertambahnya jumlah penduduk, meningkatnya permintaan pemenuhan berbagai kebutuhan dan meningkatnya aktifitas pembangunan, khususnya yang mengeluarkan bahan-bahan yang secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh pada daya dukung perairan, telah terjadi di beberapa tempat di wilayah Indonesia. Sebagai contoh, pencemaran laut Kebumen oleh minyak, yang berdampak negatif lanjutan terhadap menurunnya hasil tangkapan para nelayan Kebumen. Kerugian yang diderita oleh para nelayan tersebut mencapai 1,1 miliar rupiah.

Berdasarkan uraian tersebut, pencemaran perairan yang hingga kini belum diketahui sumber dan jenis bahan pencemar yang ada, di duga telah membunuh larva dan juvenil bahkan ikan dewasa di sekitar laut Kebumen. Banyaknya biota akuatik yang musnah akibat pencemaran tersebut memberikan dampak negatif lanjutan berupa menurunnya hasil tangkapan para nelayan di Laut Kebumen. Dampak negatif pencemaran terhadap hasil tangkapan, awalnya diketahui melalui pengamatan para nelayan terhadap fenomena menghilangnya ikan pelagis. Pada kempatan lain, pada saat kapal penangkap telah menghabiskan 12 liter bahan bakar dan telah mencapai daerah penangkapan, ternyata tidak menemukan ikan sama sekali. Berdasarkan fenomena dan penghitungan armada penangkapan, dapat dihitung total kerugian yang diderita oleh para nelayan.

Menurut Trie Prodjo (Kepala Sub Dinas Perikanan dan Kelautan Kebumen), perhitungan kerugian itu berdasarkan jumlah perahu yang dioperasikan para nelayan sebanyak 730 unit lebih, dengan rata-rata hasil tangkapan ikan senilai Rp 200 hingga Rp 250 ribu. Lebih lanjut dikatakan, berdasarkan perhitungan tersebut, dengan 730 unit perahu itu selama satu minggu, perhitungan kasar dapat menghasilkan sekitar Rp 1,1 miliar. Namun pada kenyataannya, para nelayan tidak medapatkan hasil tangkapan, sehingga dapat dikatakan bahwa nelayan mengalami kerugian sebesar 1,1 miliar rupiah (baca selengkapnya di sini). Kerugian tersebut belum termasuk para pengusaha tambak yang belum dirinci dengan pasti. Kerugian lain yang lebih memprihatinkan, lanjut Ir Trie Prodjo menyatakan, kerusakan lingkungan di sekitar laut dan pantai yang berdampak kematian biota di tempat itu. Meskipun sulit dihitung secara meteriil, namun kerugian itu merupakan sesuatu yang sangat mengganggu bagi aktifitas warga sekitarnya.

Berdasarkan kronologis kejadian sebagai akibat dari pencemaran Laut Kebumen, terdapat beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian oleh berbagai pihak guna mencarikan jalan pemecahan yang baik dan benar, diantaranya:

  1. Pencemaran laut oleh bahan beracun berbahaya, dalam hal ini minyak bumi, berdampak negatif besar dan penting bagi makhluk hidup yang ada di dalamnya (biota akuatik); dan dampak negatif lanjutan dari tercemarnya perairan laut adalah besar dan penting secara sosial ekonomi masyarakat pesisir, khususnya para nelayan di Kebumen (kajian ilmiah pencemaran perairan
  2. Penelitian merupakan kajian ilmiah dalam pendugaan pencemaran perairan dalam upaya penilaian terhadap dampak negatif yang ditimbulkan dan upaya penanggulangan dampak serta pengendaliannya di masa mendatang. 
  3. Penegakan hukum merupakan salah satu upaya perlindungan sumberdaya alam dan lingkungan. Mengacu pada penegakan hukum, bagi orang/kelompok/lembaga yang terbukti mengakibatkan pencemaran lingkungan akan terkena sangsi (pidana). Peraturan yang berkaitan dengan pencemaran lingkungan dapat dibaca dan/atau diunduh di sini.
  4. Pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan pada masa mendatang, diharapkan memiliki konsep pembangunanberkelanjutan berwawasan lingkungan dalam kerangka Good Governance.
Keempat poin penting yang secara sederhana dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam mencermati kasus pencemaran di Laut Kebumen.



Rendahnya hasil tangkapan para nelayan di Laut Kebumen, jauh dibandingkan sebelumnya, merupakan salah satu indikasi bahwa minyak mentah telah memcemari perairan tersebut. Pada kondisi yang sangat ekstrem, tergantung kepekatan bahan pencemar, perpindahan ikan akan bersifat tetap. Keadaan inilah yang dikhawatirkan akan mengubah tatanan kehidupan penangkapan. Berdasarkan uraian tersebut, mengharuskan para stakeholders atau dikenal juga para pemangku kepentingan, segera melakukan tindakanan penyelamatan lingkungan guna mengantisipasi keadaan yang lebih parah dan sangat merugikan, bukan hanya bagi para nelayan tetapi juga masyarakat Kebumen pada umumnya. Tindakan kedua yang harus segera dilakukan adalah penelitian dan/atau kajian terhadap kondisi perairan Laut Kebumen untuk memperoleh data yang akurat bagi penelusuran kronologis terjadinya pencemaran. Data tersebut, selanjutnya dijadikan bahan acuan dalam penelusuran kemungkinan terjadinya ketimpangan dalam upaya penegakan hukum.

Kerugian yang diderita oleh para nelayan sangat besar. Kerugian tersebut belum termasuk kerugian jangka panjang apabila sumberdaya alam dan lingkungan perairan Laut Kebumen tidak ditangani secara cepat, tepat dan benar. Apabila bencana ini tidak segera ditangani dengan serius, dampak terhadap sosial ekonomi masyarakat akan lebih besar dan relatif sulit dicarikan alternatif pemecahan permasalahan yang yang ada.


13 comments:

  1. NAMA : TARSISIUS RUNDUNG
    PRODI : TIH / II
    NIM : 132389031

    Trimakasih, materi ini sangat menambah wawasan saya mengenai pencemaran di laut yang mengakibatkan para nelayan susah mendapatkan ikan dan habitat lain yang di butuhkan oleh seluru masyarakat karena habitatnya suda semakin punah akiibat buangan limbah yang terjadi di daerah lautan.
    Semoga pihak pemerintah terkaid harus mengeluarkan aturan yang tegas untuk mengurangi pencemaran di lautan yang menyebabkan biota yang ada di laut semakin punah dan bisa merugikan masyarakat pada umumnya.

    ReplyDelete
  2. NAMA:Garsianus Tonce
    NIM:132389012
    PRODI:TIH/II

    Pencemaran laut yang terjadi di atas membawa dampak negatif ataupun kerugian tersendiri bagi para nelayan dan terlrbih khusus maklhuk hidup yang ada di dalamnya.ini di pengaruhi oleh adanya egoisme dari oknum-oknum tertentu dalam hal ini para investor-invesor minyak bumi yang lebih mementingkan dirinya sendiri tanpa memikirkan orang lain atau maklhuk lain yang hidup di laut.
    begitu banyak kerugian yang dialami ole masyarakat kecil dalam hal ini adalah nelayan yang menggantunkan hidupnya di laut.
    di harapkan kepada pemerintah, untuk mengeluarkan aturan aturan yang tegas untuk menindaklanjuti masalah masalah ini

    ReplyDelete
  3. nama : gordianus sabang
    nim : 132389013
    prodi : TIH/2


    Berdsarkan fenomena yang terjadi di perairan yang diakibatkan oleh ulah manusiah yang mengakibatkan mikroorganisme di air oleh karna itu kita perlu menyadari bahawa air merupakan sumber kehidupan bagi seluruh makluk hidup yang ada dibumi ini , maka dengan itu pemerintah harus melihat dulu dilapangang baru mengijnkan perusahaan untuk berivestasi di indonesia

    ReplyDelete
  4. Nama : Theresia m Fernandez
    Nim : 132389034
    tih :2

    Pencemaran perairan di laut membawah dampak yang sangat buruk bagi para nelayan , . di dalam laut terdapat berbagai jenis mikroorganisme yang perluh di kembangbiakan , sehinggga kelak nantinya dapat di manfaatkan oleh anak cucu kirta nantinya.
    ini disebabkan oleh manusia yang tidak memiliki rasa solidaritas ats lingkungan , dan sifat egois serta ingin mengambil keuntungan sendiri.
    tanpa mereka sadari akibat dari perbuatan mereka membawa dampak yang sangat buruk bagi para nelayan yang hidup mereka hanya bergantung dengan hasil penangkapan ikan di laut.
    upaya yang sebaiknya dilakukan adalah pemerintah harus lebih tegas dalam mengeluarkan aturan atau UU mengenai pencemaran di laut , bagi siapa saja uang melangggarnya harus di berikan sanksi yang tegas , dengan begitu akan memberikan efek jera bagi mereka yang tidak bertangggung jawab .

    ReplyDelete
  5. Nama : Novita Mete
    Nim : 132389023
    TIH 2

    Berdasarkan artikel yang saya baca saya menyimpulan bahwa pencemaran yang terjadi di perairan laut sangat merugikan para nelayan karena sumber daya alam merupakn modal untuk kebutuhan , maka dengan terjadinya pencemaran perairan laut membuat banyak biota laut yang musnah .
    dan membuat penghasilan para nelayan semakin menurun terhadap hasil penangkapan .

    ReplyDelete
  6. menurut saya artikel tersebut perlu diperhatikan oleh pemerintah setempat karena pencemaran perairan dapat mengakibatkan mata pencarian para nelayan semakin sulit untuk memperoleh hasil dan para nelayan mengalami kerugian. oleh karena itu, saya menghimbau kepada pemerintah estempat agar memperhatikan lingkungan perairan sehingga para nelayan memperoleh hasil yang baik.

    ReplyDelete
  7. nama: siprianus kiik
    nim : 132389030
    prodi : tih

    pencemaran laut bisa mengakibat fatal jika manusia tidak memperhatikannya, kita tahu bahwa laut menyimpan banyak keanekaragaman biota laut. di indonesia sebagian besar adalah kepulauan,,,, dengan laut orang dari luar bisa datang hanya untuk berekreasi,,, sehingga dari itu diperlukan kesadaran manusia untuk memperhatikan kebersihan lautan,,, sehingga mampu menambah panorama serta keindahan bagi negara kita yati negara kesatuan republik Indonesia....

    ReplyDelete
  8. nama : theresela putri saktika ma

    nim :142389041

    prodi :TIH


    penecemaran perairan laut

    pencemaran air laut di atas membawa kerugian bagi para nelayan dan kehidupan ikan -ikan di laut ,karna di dalam laut mengandung berbagai sumber daya hayati maupun non hayati yang dapat di maanfaatkan oleh manusia karna itu pemerintah setempat harus bekerja sama dengan masyarakat setempat untuk menjaga dan melindungi kelestarian laut...



    ReplyDelete
  9. nama : yohanes pangkat
    jurusan : TPH
    prodi : TIH
    nim :14238904

    pencemaran air laut itu sebenarnya tidak perna terjadi, air laut tercemar itu karena kelakuan manusia yang sangat fatal. manusia tidak perna manyadari dengan melakuan pemboman ikan dilaut itu menyebabkan tercemarnya air laut serta segala sesuatu yang ada didalamnya mati dengan sis-sia

    ReplyDelete
  10. Nama:Fransiskus Xaverius Maki
    Nim:182389041
    Semster:II
    Prodi:TIH

    Terima kasih atas artikel ini dan dengan metode pembelajaran melalaui media ini juga,sehingga kami dapat memfungsikan dengan baik media ini untuk menyisihkan waktu belajar dari artikel yang telah di berikan walaupun kami tidak bertatapan muka dengan Ibu,
    Terima kasih....,

    ReplyDelete
  11. Dari artikel di atas dapat di simpulkan bahwa pencemaran air laut berdampak negatif bagi para nelayan karena dapat mengurangi kualitas hasil tangkapan ikan dan merusak ekosistem laut yang menjadi sumber makanan ikan.
    Terima kasih🙏

    ReplyDelete
  12. Berdasarkan artikel yang saya baca disini saya dapat menyimpulkan bahwa pencemaran perairan dapat merugikan semua biota laut, dan membawa dampak negatif bagi semua makhluk hidup lainnya.... pencemaran perairan juga dapat membawa banyak penyakit bagi manusia. Dengan pencemaran perairaan ini juga dapat merugikan kualitas makanan ikan dan kurangnya hasil tangkapan ikan dan lain- lainnya
    Terima kasih 🙏🙏🙏

    ReplyDelete
  13. Berdasarkan wacana yang saya baca saya hanya berharap supaya para penangkap ikan usahakan menangkap dengan cara yang benar jangan menangkap ikan menggunakan alat yang dapat merugikan biota laut .karena akan berdampak besar bagi para nelayan yang mata pencahariannya dari melaut karena jika populasi ikan menurun otomatis hasil tangkapan akan berkurang dan perekonomian akan menurun

    ReplyDelete